Yen Taklukkan Dolar, Rupiah Berakhir Menguat 0,23%

Rupiah Menguat - ptsolidgold.com

Rupiah mampu memanfaatkan pelemahan yang dialami terhadap yen Jepang, imbas skandal kronisme, untuk bergerak menguat sepanjang perdagangan awal pekan (12/3) ini. Menurut catatan Index pukul 15.59 WIB, mata uang Garuda mengakhiri transaksi dengan penguatan sebesar 32 poin atau 0,23% ke level Rp13.765 per AS.

Sebelumnya, rupiah sudah ditutup naik 19 poin atau 0,14% di posisi Rp13.797 per pada akhir pekan (9/3) kemarin. Tren positif mata uang NKRI berlanjut tadi pagi dengan dibuka menguat 24 poin atau 0,17% ke level Rp13.773 per . Sepanjang transaksi hari ini, spot praktis bergerak cukup nyaman di area hijau, mulai awal hingga akhir transaksi.

Dari global, indeks dolar AS melemah terhadap yen karena para pedagang khawatir bahwa skandal kronisme yang dicurigai di Jepang, yang melibatkan penjualan milik negara, dapat mengurangi selera investor terhadap aset risiko. Mata uang Paman Sam turun 0,2% menjadi 106,62 yen, setelah sebelumnya mencapai level tertinggi satu minggu di 107,05 yen pada hari Jumat, menyusul berita pertumbuhan pekerjaan AS yang dilaporkan lebih tinggi.

Seperti diberitakan Reuters, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Menteri Keuangan, Taro Aso, digoyang skandal kronisme. Keduanya dianggap melakukan mark up dalam proses jual beli lahan untuk pembangunan sekolah. Selain Abe dan Taro, skandal tersebut juga menyeret nama Akie Abe, yang tidak lain merupakan istri sang perdana menteri.

Menurut laporan dari media-media Jepang, nama Akie Abe langsung dihapus dari dokumen resmi jual beli tanah tersebut. Shinzo Abe berulang kali menolak tuduhan bahwa dia dan istrinya memilih Moritomo Gakuen yang akhirnya membeli tanah tersebut dibandingkan operator sekolah lainnya. Abe dan Akie sendiri diduga menjual lahan tersebut dengan hanya 10% dari total nilai di pasaran.

Pelaku pasar mengatakan bahwa perkembangan politik di Jepang membantu meredam kenaikan ekuitas Negeri Sakura dan memberikan dukungan kepada yen, yang cenderung meningkat pada saat ketidakpastian . “Yen bisa menguat jika hal ini menyebabkan ketidakpastian mengenai kebijakan ,” ujar analis Sumitomo Mitsui Banking Corporation di Singapura, Satoshi Okagawa.

Sementara itu, siang tadi mematok kurs tengah berada di posisi Rp13.768 per dolar AS, mengalami kenaikan sebesar 26 poin atau 0,19% dari perdagangan sebelumnya di level Rp13.794 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang perkasa versus , dengan penguatan tertinggi sebesar 0,57% menghampiri won Korea Selatan.

Loading...