Wisata ‘Desa di Atas Awan’, Berapa Biaya ke Wae Rebo?

Tempat wisata Wae ReboTempat wisata Wae Rebo - topwisatakomodo.com

Untuk Anda yang suka mengeksplorasi keindahan alam, sangat disarankan untuk mengunjungi Wae Rebo. Ini adalah salah satu di Flores, Nusa Tenggara Timur, yang sering dijuluki sebagai ‘ di Atas Awan’. untuk menuju tersebut sendiri bervariasi, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung Anda bepergian, memakai atau menjadi ‘koboi’.

Desa Wae Rebo dijuluki ‘Desa di Atas Awan’ bukan tanpa alasan. Pasalnya, desa ini termasuk dalam daftar desa tertinggi di Indonesia. Berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, menjadikan Desa Wae Rebo kerap dihiasi dengan kabut tipis setiap paginya. Nah, kabut-kabut tipis ini sering terlihat menyerupai sekumpulan awan.

Dilansir Kompas, karena berada di atas ketinggian, untuk menuju Desa Wae Rebo memang tidak mudah. Wisatawan harus melakukan trekking selama dua hingga tiga jam melalui medan yang cukup sulit. Karena itu, disarankan untuk menyewa jasa guide sebagai penunjuk jalan dan juga diusahakan untuk bermalam di Wae Rebo, selain untuk menyimpan tenaga, juga dapat menikmati keindahan alam dengan lebih lama.

Menuju Desa Wae Rebo sendiri dapat dilakukan dengan dua cara. Wisatawan dapat memakai darat yang ditempuh dengan truk dari Ruteng, tepatnya di Terminal Bus Mena, dengan rute Desa Cancar, Pela, Todo, Dintor, dan Desa Denge. Sementara, apabila memakai jalur perairan atau perahu, perjalanan dapat dimulai dari Labuan Bajo, menuju Nangalili, kemudian dilanjutkan ke Dintor, lalu ke Desa Denge.

Biaya untuk menuju Desa Wae Rebo sendiri bervariasi, tergantung jasa transportasi yang Anda gunakan. Jika Anda berangkat berempat memakai jasa travel agent, biaya yang diperlukan sekitar Rp2 juta sampai Rp3 jutaan (Rp500 ribuan per orang) untuk sampai ke Desa Denge. Sementara, apabila Anda berangkat dengan cara ‘koboi’, biaya yang dihabiskan sekitar Rp300 ribuan per orang.

Setelah tiba di Bandara Labuan Bajo, Anda bisa naik angkutan umum Gunung Mas, dengan tarif mulai Rp80 ribuan (Non-AC) dari Jalan Sernaru ke Pela. Di Pela, perjalanan dilanjutkan menggunakan truk (atau oto kayu) ke Desa Denge dengan tarif berkisar Rp30 ribuan per orang. Setelah empat jam perjalanan, Anda akan tiba di Denge dan bisa memulai pendakian ke Desa Wae Rebo, dengan tarif jasa guide sekitar Rp200 ribuan.

Loading...