Waspada Risiko Diabetes Dengan Alat One Touch Glucose Meter Harga Rp300 Ribuan

Harga, One Touch, glucose, meter, glukosa, tes, cek, alat, gula, darah, diabetes, rumahan, di, rumah, keluarga, kesehatan, dokter, puskesmas, rumah sakit, toko, apotek, risiko, pengecekan, kadar, tubuh, tenaga, Indonesia, penderita, tahun, ancaman, usia, akurat, hasil,Alat periksa kadar glukosa One Touch (sumber: shopee.co.id)

dalam tubuh harus selalu dikontrol dari waktu ke waktu, apalagi mereka yang sudah lanjut usia. Kenaikan gula tanpa diketahui bisa memicu seperti penyakit diabetes. Pengecekan gula darah juga saat ini cukup terbilang mudah, tak perlu pergi ke dokter. Anda tinggal memanfaatkan pengukur gula darah yang bisa didapatkan secara mudah.

Berdasarkan data yang diperoleh tahun 2017 lalu, Indonesia menjadi peringkat 7 pasien diabetes terbanyak di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh dr Wismandari Wisnu, Sp-PD-KEMD.

Jika dibagi berdasarkan umurnya, Wismandari berkata bahwa usia diabetes di Indonesia semakin muda. Dari angka 10 juta tersebut; sebanyak 1,67 juta berusia di bawah 40 tahun, 4,65 juta berusia 40-59 tahun, sedangkan sisanya (2 juta) berusia 60-79 tahun. “Padahal dulu kalau belum usia 40 tahun, dokter akan langsung menghapus diabetes dari dugaan mereka. Namun, kini diabetes telah menjadi ancaman kesehatan bagi semua usia,” ujarnya kepada Kompas.

Nah, untuk mengatasi risiko diabetes tersebut, diperlukan pengecekan kadar gula darah secara rutin. yang dipakai untuk cek gula darah ada beberapa jenis. Masing-masing memiliki arti yang berbeda-beda pula. Jika Anda menderita diabetes, maka gula darah tersebut yang biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan Anda selalu dalam keadaan aman dan terkendali.

Dengan alat tes glukosa atau gula darah, Anda akan lebih mudah memantau kadar gula tanpa harus pergi ke dokter. Alat tes gula darah ini juga dapat memberikan hasil dalam hitungan menit. Dilansir dalam laman Web MD, pada dasarnya alat cek kesehatan seperti gula darah dan kolesterol rumahan ini memiliki nilai keakuratan setidaknya 95%.

Sekarang ini Anda bisa mendapatkan alat tes gula darah di toko alat kesehatan atau apotek. Salah satu yang bisa Anda coba adalah One Touch Ultra Easy Glucose Meter yang dibanderol dengan harga Rp350 ribuan hingga Rp500 ribuan. One Touch Ultra Easy adalah alat tes kadar gula darah lengkap yang simpel dan mudah digunakan, tanpa menggunakan strip kode lagi. Sangat cocok digunakan di rumah ataupun untuk keluarga.

Glukometer tidak hanya dibeli oleh para tenaga kesehatan, orang rumahan pun ikut membeli karena cara pakainya yang sangat mudah. Namun, di balik kemudahan tersebut, ternyata alat ini masih menyisakan pertanyaan. Apabila angka hasil pengukuran sangat tinggi atau rendah, Anda mungkin perlu mengulangi pengukuran untuk memastikan keakuratannya.

Maka dari itu, untuk menentukan kondisi kesehatan, Anda tidak bisa semata-mata hanya melihat dari hasil alat tes gula darah ini saja. Diperlukan uji yang lain oleh tenaga kesehatan di puskesmas atau rumah sakit.

Sementara untuk seberapa sering tes gula darah, setiap orang akan berbeda-beda. Ini tergantung dari apa yang diberikan. Biasanya, bila Anda diberikan beberapa obat yang dapat membuat gula darah menurun drastis, maka Anda diminta untuk lebih sering memeriksa gula darah. Namun, untuk memastikannya lebih baik Anda langsung tanyakan pada dokter yang menangani Anda soal seberapa sering Anda harus melakukan cek gula darah.

Loading...