Warna & Ukuran Variatif, Lampion Kain Dijual Mulai Harga Puluhan Ribu Rupiah

Lampion Kain - www.olx.co.idLampion Kain - www.olx.co.id

Perayaan Tahun Baru China atau Imlek selama ini identik dengan lampion merah yang tergantung di berbagai sudut , pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat umum lainnya. Lampion Imlek ini biasanya terbuat dari berbagai , mulai dari lampion benang, kertas, hingga lampion berbahan kain. Harga lampion tersebut bermacam-macam, tergantung dari bahan dan ukurannya. Jika semakin bagus bahannya dan semakin besar ukurannya, maka harga jual lampion tersebut pun makin mahal.

Menjelang perayaan Imlek pada 5 Februari 2019 mendatang, rupanya para pengrajin lampion di Kota Solo sudah mulai kebanjiran pesanan sejak beberapa bulan sebelumnya. Akan tetapi para pengrajin ini mengaku terdampak oleh kenaikan harga berbagai bahan baku lampion.

Menurut perajin lampion bernama Hanif Marimba, ia telah mendapat sekitar 3.000-4.000 lampion sejak 5 bulan menjelang Imlek. Apabila dibandingkan tahun 2018 lalu, ia mengaku mengalami kenaikan pemesanan sekitar 10%. “Kenaikan pesanan tiap tahunnya pasti ada. Apalagi Imlek di Kota Solo sudah dijadikan agenda tahunan dari Kota Surakarta. Jika dilihat dari hari biasanya dengan saat mendekati momentum Imlek, kami bisa membuat hampir enam kali lipat jumlahnya. Atau sekitar 200 buah lampion per hari. Hal ini karena pemesanan yang terus berdatangan,” ujar Hanif, seperti dilansir Jawapos.

Lebih lanjut Hanif mengungkapkan jika sebagian besar pembeli berasal dari Kota Jakarta, Bandung, dan Bali. Sedangkan untuk Kota Solo sendiri sudah terdapat pesanan sekitar 1.000 lampion. Ia menjual lampion dengan harga Rp 25 ribu untuk ukuran kecil berdiameter 20 cm, sedangkan yang ukurannya besar dengan diameter mencapai 1 meter dibanderol seharga Rp 350 ribu. Dari penjualan lampion tersebut, ia berhasil mendapat keuntungan mencapai Rp 8 juta.

Meski ada kenaikan harga bahan baku, Hanif mengaku tak menaikkan harga jual lampionnya, tetapi tanpa mengurangi kualitas . “Untuk tema disesuaikan dengan Imlek tahun ini, yakni shio babi. Memang ada sedikit perubahan . Tadinya mayoritas merah, sekarang ini pelanggan justru banyak yang minta -warni,” bebernya.

Selain di sentra pengrajin lampion, lampion kain untuk Imlek saat ini juga banyak secara online. Misalnya saja lampion kain sutra 10 inch harganya mulai Rp 27.500, lampion kain berbentuk ukuran 20 x 20 x 38 cm harganya mencapai Rp 92 ribu, dan lampion kain HQ motif kapsul atau yang berbentuk tabung dengan tinggi 57 cm bisa dibanderol hingga Rp 286 ribu.

Loading...