Walau Dikenal ‘Kampus Mahal’, Pembayaran Biaya Kuliah Binus Ternyata Bisa Dicicil

Binus University - growglowgo.wordpress.com

Bina Nusantara University atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Binus menawarkan beragam program mulai dari jurusan Teknik Informatika, DKV, Akuntansi, hingga Hukum. di Binus sendiri memang tergolong mahal, meski demikian Binus memberikan kemudahan dengan pembayaran secara cicilan atau mengangsur dengan pilihan jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, atau 9 bulan.

Setidaknya terdapat beberapa komponen biaya yang bisa dicicil, yakni biaya kuliah semester 1 dan biaya sumbangan (DP3). Pembayaran biaya DP3 di Binus berlaku untuk 1 kali pembayaran dan juga bisa diubah menjadi program cicilan dengan fasilitas cicilan perbankan bunga 0% dari BCA (jangka waktu 3 bulan), CIMB Niaga (jangka waktu 3 dan 6 bulan), maupun BNI (jangka waktu 3, 6, dan 9 bulan).

Walaupun dikenal sebagai salah satu mahal, nyatanya Binus menawarkan beragam kemudahan pembayaran biaya kuliah, termasuk melalui kerjasama dengan perusahaan peer to peer (P2P) KoinWorks yang digagas sejak tahun 2017 lalu. Melalui program KoinPintar, KoinWorks memberikan pinjaman biaya pendidikan untuk Binus Learning yang pengembaliannya dapat dilakukan dengan cara mencicil sampai 2 tahun.

“KoinPintar merupakan bagian dari misi perusahaan untuk mempermudah akses pendidikan yang lebih terjangkau kepada masyarakat luas,” ujar Co-founder dan CEO KoinWorks Benedicto Haryono, seperti dilansir Jawa Pos.

Biaya kuliah yang harus dibayar di awal program mungkin bagi sebagian kalangan terlalu besar, oleh sebab itu pihak KoinWorks menanggung biaya itu terlebih dahulu lewat program KoinPintar, baru kemudian mahasiswa dapat membayarnya secara cicilan setiap bulan. Pinjaman biaya kuliah (student loan) ini disediakan untuk jenjang S1 sampai S2 jurusan Informatika, Akuntansi, Informasi, dan Manajemen Bisnis.

mendapatkan pinjaman ini juga cukup mudah. Mahasiswa yang telah diterima di Binus Online Learning dapat mengajukan aplikasi pinjaman online melalui website KoinWorks untuk kemudian direview. Bisa juga menggunakan sistem sebaliknya, mengajukan aplikasi pinjaman terlebih dahulu, kemudian baru mendaftar kuliah selama proses penerimaan mahasiswa berlangsung. “Pinjaman bisa mencakup hingga 80 persen dari total biaya pendidikan,” tandas Benedicto.

Loading...