Wajib Miliki Kualitas dan Kapabilitas, Berapa Besaran Honor Tim Pelaksana Kegiatan?

Honor, tim, pelaksana, kegiatan, keuangan, anggaran, dana, desa, pengelola, TPK, pengelola, ketentuan, keputusan, presiden, menteri,perangkat desa (porosnusantara.com)

Banyak masyarakat awam yang kurang paham terkait apa itu TPK (Tim Pelaksana ) untuk penggunaan Anggaran . Secara umum, Tim Pengelola Kegiatan adalah tim yang ditetapkan oleh Kepala dengan Surat Keputusan, terdiri dari unsur (Kepala Seksi/Kepala Urusan) dan unsur lembaga kemasyarakatan untuk melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa.

Prinsip pelaksana kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Desa, Desa, pemberdayaan masyarakat Desa dan pembinaan kemasyarakatan dilakukan secara swakelola. Artinya dilakukan sendiri oleh masyarakat di bawah tanggungjawab Kepala Desa dan dapat diketuai oleh Kaur (perangkat Desa) bidang yang sesuai di Desa, atau diketuai oleh Desa yang dinilai memiliki kemampuan dan diputuskan melalui Musrenbangdes. Umumnya kegiatan di bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa dilaksanakan oleh perangkat Desa, tetapi untuk kegiatan dalam bidang pembangunan Desa, pemberdayaan masyarakat Desa, dan pembinaan kemasyarakatan Desa, tentu saja tidak harus diketuai oleh perangkat Desa (kaur-kaur) saja, tetapi dapat dilakukan oleh tim kerja atau tim pelaksana yang diketuai oleh warga berdasar kemampuan, keahlian, dan kemauan dari yang bersangkutan, dengan melibatkan perangkat dan masyarakat (gabungan).

“Tetapi alangkah baiknya sebelum menunjuk orang-orang yang duduk di TPK, Kepala Desa mengadakan pertemuan dengan cara mengundang semua unsur di masyarakat untuk ikut rembuk dan terlibat dalam pengambilan keputusan. Sehingga dapat memberi kesempatan dan peluang kepada masyarakat untuk dapat dipilih menjadi TPK (baik itu unsur perangkat desa ataupun dari unsur masyarakat). Dengan kriteria-kriteria khusus sehingga orang-orang yang duduk di TPK memang benar-benar memenuhi kriteria-kriteria yang dimaksud serta mempunyai dan kapabilitas. Agar dalam pelaksanaan kegiatannya mendapatkan kepercayaan masyarakat desa itu sendiri,” kata Kharisma Sitepu, Panitia pelaksana kegiatan pembekalan TPK, dilansir dari Patrolinews.

Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dapat diberikan kepada pegawai negeri atau non pegawai yang diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan berdasarkan surat Keputusan Presiden/Menteri/ Setingkat Menteri/ Eselon I/KPA. Besaran honor yang diterima oleh Tim Pelaksana Kegiatan yang ditetapkan oleh Presiden adalah sebesar Rp1,5 juta untuk Anggota (satuan OB), Rp1,5 juta untuk Sekretaris, Rp1,750 juta untuk Wakil Ketua, Rp2 juta untuk Koordinator atau Ketua, Rp2,250 juta untuk Penanggung Jawab, dan yang tertinggi sebesar Rp2,5 juta untuk Pengarah.

Terhadap tim pelaksana kegiatan yang dibentuk berdasarkan ketetapan Gubernur dalam kedudukannya sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah dan sumber pendanaannya berasal dari , maka besaran honorarium yang diberikan dalam pelaksanaannya disetarakan dengan honorarium tim pelaksana kegiatan yang ditetapkan oleh Menteri/Pejabat Setingkat Menteri.

Ketentuan pembentukan tim antara lain mempunyai keluaran (output) jelas dan terukur, bersifat koordinatif yang mengharuskan untuk mengikutsertakan eselon I lainnya, bersifat temporer, pelaksanaannya perlu diprioritaskan atau di luar jam kerja, merupakan perangkapan fungsi atau tugas tertentu kepada pegawai negeri di samping tugas pokoknya sehari-hari, dan dilakukan secara selektif, efektif, dan efisien.

Loading...