Wajib Dimiliki Usaha Konstruksi, Berapa Biaya Pengurusan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)?

Ilustrasi Konstruksi Gedung - www.legalitas.co.id

Setiap pemilik konstruksi di Indonesia diwajibkan memiliki Usaha Konstruksi (IUJK) sebagai bukti legalitas usahanya. Izin Usaha Konstruksi (SIUJK) adalah surat yang dibutuhkan oleh suatu dalam melakukan kegiatan konstruksi, baik di lingkungan atau non . Surat izin ini dikeluarkan oleh daerah pada agar dapat melakukan kegiatan konstruksi. Lalu berapa Izin Usaha Jasa Konstruksi?

Pengurusan SIUJK ternyata tidak dipungut biaya, alias . Syarat yang dibutuhkan untuk pengurusan SIUJK pun cukup sederhana, pemohon hanya perlu melengkapi berkas-berkas seperti fotokopi KTP, pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah, fotokopi izin gangguan (HO), IUJK asli (bagi yang ingin perpanjangan), fotokopi NPWP, fotokopi akta pendirian perusahaan (bagi yang berbadan hukum), fotokopi pengesahan badan hukum perusahaan, fotokopi Badan Usaha (SBU) untuk perpanjangan IUJK dilegalisir, serta fotokopi kartu penanggungjawab teknik badan usaha (PJT-BU).

Meskipun pembuatan IUJK gratis, rupanya di beberapa tempat masih ada beberapa oknum yang melakukan pungutan liar (pungli) pada para pemohon SIUJK. “Info masyarakat di sana (Dinas PU) sering terjadi pungli ijin jasa konstruksi, sebenarnya ini tidak ada pungutan sama sekali,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Guntur menjelaskan bahwa warga yang hendak mengurus IUJK dikenai biaya bervariasi. “Itu disesuaikan dengan klasifikasi perusahaannya,” ucap Guntur.

Sebagai gambaran, saat ini sudah banyak penyedia jasa yang bersedia mengurus izin usaha jasa konstruksi. Para penyedia jasa tersebut biasanya membutuhkan waktu 1 bulan untuk pengurusan SIUJK. Biaya yang dikenakan untuk pemakaian jasa pengurusan IUJK bisa mencapai Rp 20 juta, sedangkan bagi yang belum memiliki SBU juga akan dikenai biaya pembuatan SBU sebesar Rp 10 jutaan.

Pemakaian jasa-jasa semacam itu diyakini lebih cepat dan efisien. Namun poin minusnya, sang pemohon tentunya harus merogoh kocek yang cukup dalam hanya untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi. Padahal pengurusan surat izin tersebut kabarnya tidak dipungut biaya apapun.

Loading...