Wajib Dimiliki Untuk Kendaraan Tertentu, Apakah Perpanjang SIM B1 Bisa Dilakukan Di SIM Keliling?

perpanjang, masa, berlaku, SIM, B1, di, SIM, keliling, tes, simulator, satpas, tidak, bisa, dilakukan, proses, pembuatan, penerbitan, A, C, syarat, KTP, asli, fotocopi, 2, lembar, lokasi, kendaraan, 1.000 kgIlustrasi: Sopir bus (instagram: @tita_agustine)

Memiliki salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh . Untuk roda 4 dengan berat kurang dari 3.500 kg, maka wajib mengurus dan memiliki SIM A. Golongan SIM tersebut juga menjadi salah satu syarat utama bagi pemohon yang ingin mengurus dan memiliki SIM B1.

Sementara itu, jenis kendaraan bermotor untuk SIM B1 yaitu kendaraan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 kg. Apa syarat yang harus dipenuhi untuk memiliki SIM B1? “Syarat utama, pemohon harus memiliki SIM A. Jika belum, maka tidak bisa memperoleh SIM B1,” ujar Kompol Fahri Siregar, Kepala Seksi SIM Dirlantas Polda Metro Jaya.

“SIM A itu sebagai dasar dari B1 dan B2. Karena kalau tidak punya, dianggap belum mampu mengemudikan kendaraan yang kecil,” tambah Fahri. Selain itu, pemohon juga harus sudah punya SIM A lebih dari satu tahun. Jika dianggap memenuhi persyaratan, maka diperbolehkan untuk membuat SIM B1 atau B2.

Fahri melanjutkan, proses pembuatannya juga hanya bisa di masing-masing Satuan Penyelenggara Administrasi SIM ( Satpas). Ada beberapa tes, mulai teori hingga praktik yang harus dilalui pemohon. “Kalau di tempat itu tidak bisa. Mengenai masa berlaku sama, yaitu lima tahun,” jelas Fahri.

Jika proses pembuatan SIM B1 tidak bisa dilakukan di SIM Keliling, apakah hal tersebut juga berlaku untuk proses perpanjang masa berlaku? Jawabannya, iya. Perpanjangan SIM B1 tidak bisa dilakukan di SIM Keliling. Hal tersebut tentunya beralasan.

Menurut Kompol T Polrestabes Medan, Rizal Moelana, mengatakan bahwa “Perpanjangan SIM B1 membutuhkan tes simulator. Maka, perpanjangan SIM B1 hanya bisa dilakukan di satpas.”

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan (PNBP), maka tarif penerbitan SIM B1 dan B2, yaitu Rp 120.000. Sedangkan perpanjang Rp 80.000. Tarif tersebut belum termasuk asuransi Rp 30.000, dan tes kesehatan Rp 25.000. “Kalau masa berlakunya sudah habis, pemilik SIM B1 atau B2 tetap datang ke Satpas untuk memperpanjang masa aktifnya itu,” ucap Fahri kembali.

Sementara itu, bagi pemilik SIM A dan C yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku, bisa dilakukan di SIM Keliling. Misalnya, di wilayah Jawa Tengah. Mereka bisa memanfaatkan SIM Keliling yang disediakan Ditlantas Polda Jateng.

Untuk shift pagi, terdapat tiga lokasi SIM Keliling. dilaksanakan hingga pukul 14.00 WIB. “SIM Keliling dilaksanakan hingga 14.00 WIB. Jawa Tengah dapat urus perpanjangan SIM A dan SIM C di layanan ini,” jelas Kompol Aron Sebastian, Kasi SIM Ditlantas Polda Jateng.

Syaratnya cukup membawa SIM dan KTP asli yang dilengkapi fotokopi 2 lembar. Di SIM keliling juga disediakan tenaga kesehatan dan pembayaran. Namun, tidak semua layanan dapat dilakukan di situ. Layanan yang dikecualikan antara lain peningkatan dan penerbitan.

Loading...