Wajib Dimiliki Pemilik Usaha, Biaya Membuat SIUP Gratis?

Biaya, pembuatan, siup, membuat, jakarta, perusahaan, surat, usaha, biro, izin, perdagangan, resmi, gratis, syarat, online, TDP, calo,Mengurus SIUP dan TDP sekaligus (instagram: @ptsp.kec.cengkareng)

Sesuai ketentuan di dalam Pasal 2 Permendag Nomor 46 Tahun 2009, setiap usaha atau badan usaha yang melakukan usaha di Indonesia wajib memiliki SIUP (Surat Izin Usaha ). SIUP adalah surat izin untuk bisa melaksanakan kegiatan usaha seperti transaksi barang atau jasa, baik jual beli, sewa beli, hingga sewa menyewa yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan pengalihan hak atas barang atau jasa dengan disertai imbalan atau kompensasi. Lalu bagaimana cara dan berapa untuk membuat SIUP?

Pada dasarnya, SIUP secara resmi rupanya tidak dikenai biaya apapun, alias gratis. Oleh sebab itu, sebaiknya uruslah SIUP Anda sendiri di kantor PTSP yang telah disediakan. Namun hingga saat ini, di beberapa daerah juga masih ditemukan calo atau jasa pembuatan SIUP yang kerap dimanfaatkan oleh pemilik usaha yang tidak memiliki waktu dan enggan direpotkan dengan urusan administrasi seperti pengumpulan persyaratan hingga revisi data.

Umumnya, biaya pembuatan SIUP di setiap kota atau kabupaten akan berbeda-beda. Sebagai contoh, biro jasa pengurusan izin SIUP di Jakarta mematok biaya sekitar Rp 1,5 jutaan untuk pembuatan SIUP kecil dengan estimasi waktu pengurusan antara 8-10 hari kerja. Sedangkan untuk SIUP menengah atau besar tarif jasanya adalah Rp 1,5 juta hingga Rp2,5 jutaan dengan perkiraan waktu pengurusan antara 8-10 hari kerja. Anda juga bisa memilih kilat dengan waktu 3-5 hari kerja, namun tentunya dengan biaya yang semakin mahal. Mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp4,5 jutaan.

Sejak tahun 2016, proses pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) umum dan Tanda Daftar (TDP) dapat dilakukan dan terbit secara bersamaan sehingga menghemat waktu pengurusan dokumen. “Waktunya cuma 1 hari kerja. Dan mengurusnya via online di situs resmi pelayanan kami. Itu TDP dan SIUP satu hari bisa jadi, setelah ada pengajuan di website langsung kami proses,” ujar seorang petugas PTSP Pemprov DKI, kepada detikFinance.

Proses pengajuannya kata dia, tidak dipungut biaya alias gratis. Bersamaan dengan pengurusan SIUP dan NPWP, pemohon juga bakal secara otomatis terdaftar di BPJS Kesehatan. Hanya saja, persetujuan untuk BPJS memakan waktu sekitar 2 hari.

Dengan penyederhanaan ini, maka lama yang selama ini merepotkan bisa dihilangkan. “Tadinya pengurusan SIUP membutuhkan 15 hari kerja tanpa biaya, pengurusan TDP membutuhkan 14 hari kerja tanpa biaya, dan pengurusan BPJS Kesehatan membutuhkan 3 hari tanpa biaya. Itu diurus sendiri-sendiri. Sekarang lebih ringkas lebih mudah,” imbuhnya.

Sebelum mengurus surat perizinan ini, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan untuk persyaratan administrasi. pembuatannya pun dibedakan berdasarkan jenis atau bentuk usaha yang dijalankan.

Loading...