Wajib Dimiliki Pekerja Asing, Berapa Biaya Pembuatan KITAS?

Biaya, pembuatan, KITAS, KITAP, Kartu Izin Tinggal Sementara, kerja, studi, orang asing, masa berlaku, perpanjangan, domisili, Jakarta, Bogor, jasa, pengurusan, wilayah, proses, prosedur, dokumen, pendaftaran, SIPIL, aturan, undang-undang, kartu, izin, tinggal, kunjungan, perairan, pengajuan, permohonan, imigrasi, keimigrasianIlustrasi: aktivitas petugas imigrasi (sumber: bidikata.com)

Ada penting bagi orang yang akan tinggal di , yaitu KITAS atau KITAP. KITAS merupakan Kartu Izin Tinggal Sementara atau biasa juga disebut dengan ITAS (Izin Tinggal Sementara). Sedangkan KITAP merupakan singkatan dari Kartu Izin Tinggal Permanen juga biasa disebut dengan ITAP (Izin Tinggal Permanen). Dokumen-dokumen ini sangat penting bagi pekerja yang akan tinggal di Indonesia agar pekerja bisa dengan legal tinggal di negara ini sesuai dengan aturan perundang-undangan.

ITAS diberikan untuk waktu paling lama 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang. Setiap kali perpanjangan diberikan paling lama 2 (dua) tahun dengan ketentuan keseluruhan Izin Tinggal di Wilayah Indonesia tidak lebih dari 6 (enam) tahun. ITAS juga dapat diberikan kepada Orang Asing untuk melakukan pekerjaan, dalam waktu paling lama 90 hari dan dapat diperpanjang. Perpanjangan ITAS diberikan paling lama 30 hari dengan ketentuan keseluruhan Izin Tinggal di Wilayah Indonesia tidak lebih dari 180 hari.

Pada saat masa berlaku hampir habis maka perlu dilakukan perpanjangan. Ketentuan dari pemerintah bahwa pemilik KITAS bisa memperpanjang surat izinnya paling lama adalah 6 tahun. Bagi orang asing yang memiliki KITAP maka bisa tinggal dengan durasi tak terbatas di Indonesia.

Pemerintah memberikan kebijakan KITAS untuk orang-orang tertentu, di antaranya adalah orang asing yang memasuki wilayah Indonesia menggunakan visa tinggal terbatas. yang dilahirkan dari ayah atau ibu pemilik KITAS juga bisa memperoleh surat izin tinggal sama dengan orangtuanya.

Orang asing yang sebelumnya memiliki izin tinggal kunjungan juga bisa memperoleh KITAS. Orang lain yang juga bisa memperoleh surat izin tinggal ini adalah nahkoda, awak kapal, serta tenaga lainnya. Tentunya mereka ini bekerja di wilayah perairan yang masuk yurisdiksi Indonesia. Bagi orang asing yang secara sah menikah dengan warga Indonesia juga bisa mengurus KITAS. Anak yang dilahirkan dari pasangan tersebut juga bisa diuruskan KITAS untuk izin tinggal di Indonesia.

“Bagi pekerja asing yang ingin mendapatkan KITAS ataupun KITAP maka harus melalui berbagai prosedur di Indonesia,” demikian dilansir laman Brilio. Cara mendapatkan izin tinggal ini segera bisa diselesaikan dengan mudah sesuai aturan yang berlaku, seperti permohonan kepala imigrasi atau pejabat imigrasi, mengisi aplikasi dan lampiran dokumen, pemeriksaan kelengkapan permohonan, dan ITAS.

Memperpanjang izin kerja di Indonesia memakan waktu yang sama dengan saat mengajukan permohonan baru. Meskipun Anda tidak harus keluar dari Indonesia untuk perpanjangan KITAS yang berlaku selama 12 bulan, dokumentasi tetap akan memakan waktu. Maka dari itu, rencanakanlah terlebih dahulu.

Anda tidak dapat memperpanjang KITAS yang berlaku untuk 6 bulan. Apabila Anda memegang dokumen-dokumen tersebut, Anda perlu melakukan proses pembaruan sebelum masa kadaluarsa. Sebelum pembaruan ini, Anda harus keluar dari Indonesia sebagai bagian dari prosedur Exit Permit Only (EPO).

Dikarenakan pemerintah Indonesia yang cepat berubah, persiapkanlah perpanjangan dokumen Anda. Rencanakan setidaknya 2 bulan sebelum dokumen Anda kedaluwarsa. Termasuk IMTA, KITAS, dan Pendaftaran Sipil.

Nah, lalu berapa pembuatan KITAS? Saat ini, pembuatan KITAS bisa dilakukan dan diproses pribadi dan melalui jasa pembuatan KITAS. pembuatan KITAS lewat jasa pengurusan KITAS cukup beragam tergantung domisili. Di wilayah Jakarta berkisar antara Rp5 juta hingga Rp6 jutaan. Sementara di wilayah Bogor lebih mahal yakni mulai Rp6,2 juta hingga Rp7,2 jutaan.

Loading...