Wah, Ternyata Ada Banyak Rumah Makan Khas Arab di Malang!

Rumah, makan, rumah makan, resto, restoran, khas, Arab, Timur Tengah, di, Malang, menu, lezat, ragam, kuliner, tempat, kalangan, masyarakat, sajian, ayam, kambing, nasi, mandhi, briyani, gule, tongseng, Do’an, Bang Saleh, warung, Cairo, martabak AgungIlustrasi: menu makanan khas Timur Tengah (sumber: allevents.com)

Menyebut Kota Malang, tentu ada banyak pilihan yang tersedia di kota ini. Ragam , mulai dari alam hingga , membuat masyarakatnya enggan keluar dari kota pendidikan ini, baik itu penduduk asli maupun pendatang. untuk pilihan kuliner, menu sajian khas Arab memang masih terasa asing di kalangan masyarakat Kota Malang. Meskipun begitu, ternyata sudah cukup banyak di Malang yang menyajikan menu-menu lezat khas Timur Tengah.

Salah satu restoran penyaji makanan khas Timur Tengah, Rumah Makan Do’an, hadir dengan berbagai variasi menu nasi, roti hingga sup. Selain itu, juga tersedia menu spesial sop kambing dan gulai untuk para penyuka .

Owner Restoran Do’an, Imadudin Said menyatakan, terdapat berbagai variasi makanan khas Timur Tengah yang ada di Restoran Do’an. Untuk kategori menu nasi, ada berbagai jenis seperti nasi mandhi, yang merupakan nasi dengan rempah-rempah biasa dengan tambahan daging oven maupun bakar. Selain itu, juga ada nasi zurbiyan dengan rempah-rempah yang lebih terasa dibandingkan dengan Nasi Mandhi. Terdapat dua pilihan daging untuk jenis nasi ini, yaitu ayam dan kambing. Dari harga, menu nasi ini bervariasi dengan harga kisaran mulai dari Rp35 ribu, sesuai pesanan pelanggan.

“Pelanggan juga bisa memesan nasi mandhi ataupun nasi zurbiyan tanpa daging. Kami juga menyediakan nasi kebuli dengan dua pilihan daging, yaitu ayam dan kambing,” ungkapnya kepada Malang Post.

Untuk menu spesialnya, tambah Said, terdapat berbagai jenis variasi menu kuah. Seperti sup marq kambing, gulai kacang hijau dan sop kaki kambing. Menu sup spesial ini dibanderol dengan harga mulai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu. Tak hanya itu, restoran ini juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan . Salah satunya mugalgal, yaitu tumisan daging kambing yang dimakan dengan roti.

Selain Restoran Do’an, masih ada beberapa rumah makan yang bisa dijadikan referensi saat ingin menyantap sajian khas Arab di Kota Malang. Sebut saja Rumah Makan Cairo, Sate dan Gule Bang Saleh, juga Restoran Martabak Agung. Rumah Makan Cairo berlokasi di kawasan Embong Arab, Malang. Resto yang satu ini sudah memanjakan lidah para pelanggannya sejak tahun 1953 dengan berbagai menu Timur Tengah yang menggugah selera. Menu andalan Restoran Cairo, di antaranya sate kambing, gule kambing, krengsengan kambing, sop Cairo, nasi goreng Cairo, nasi kebuli. Ada juga khas Timur Tengah, yaitu martabak Mesir. Dijamin lidah akan termanjakan dengan aneka ragam menu tersebut.

Warung Sate dan Gule Bang Saleh telah melegenda sejak tahun 1970-an. Warung ini terletak di Jl Ade Irma Suryani atau lebih ngetopnya daerah Tongan. Kelezatan dagingnya yang empuk dan tidak amis serta bumbunya yang khas membuat warung ini tidak hanya terkenal seantero Malang tapi sampai ke luar Malang. Di warung ini, pelanggan bisa mencicipi berbagai menu khas Arab yang lezat. Ada gule kambing, gule kambing kacang hijau, sop kaki kambing, kambing goreng, nasi kebuli, nasi gule, sate daging hati dengan atau tanpa lemak, krengsengan. Ada juga sate ayam bagi yang kurang suka daging kambing.

Jika Anda sedang melintasi kawasan Alun-Alun Kota Malang, tepatnya di daerah Merdeka Timur, akan tercium aroma yang wangi lezat menggoda dari salah satu tempat makan yang ada di daerah tersebut. Perpaduan wangi aroma rempah dan daging sungguh menggelitik indera penciuman. Jadi Anda sepertinya akan kesulitan menolak rayuan tersebut dan ingin segera mampir ke Restoran Martabak Agung. Sekadar informasi, restoran ini telah hadir untuk para penggemar kuliner sejak tahun 1990-an.

Dengan menu andalan martabak berbahan daging kambing, resto ini bisa dijadikan tujuan wisata kuliner Anda selama di Malang. Selain martabak, ada juga ragam menu khas Arab, seperti nasi briyani kambing, nasi briyani ayam, nasi samin, nasi mandhi kambing, nasi mandhi ayam, nasi gule, nasi krengsengan, kare kambing, gule iga sapi, sate iga sapi, kambing goreng, tongseng kambing, sop kikil kambing, dan masih banyak lagi menu lainnya yang menggoda selera.

Loading...