Wadah Buang Kotoran, Berapa Harga Litter Box untuk Kucing?

Kucing di dalam litter box - www.tentangkucing.com

JAKARTA – Bagi Anda yang punya , pasti sudah tidak asing lagi dengan kotak bernama litter box. Ini adalah sebuah wadah yang dikhususkan sebagai tempat pembuangan kotoran. Biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang, litter box memang bervariasi, tergantung model dan ukurannya, di kisaran puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

“Sebaiknya, hewan peliharaan memang dilatih untuk membuang kotoran mereka di litter box,” jelas dokter hewan Yunita Windy, yang praktik di sebuah klinik kawasan Cibubur, dilansir Tribun Kaltim. “Melatih hewan peliharaan membuang kotoran di litter box merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan, sehingga kesehatan hewan tetap terjaga.”

Dilansir Wikihow.com, secara alami, kucing membuang kotoran di atau tanah. Nah, jika Anda memperkenalkan kotak kotoran atau litter box kepada hewan peliharaan Anda, dengan senang hati dia akan buang kotoran di sana dan bukannya di karpet. Anda tidak perlu mengajarkan kucing cara menggunakan kotak kotoran itu karena instingnya akan menuntun secara otomatis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah kotak kotoran yang bagus dan bisa diakses oleh kucing Anda.

“Sebaiknya, pilih kotak kotoran dengan yang besar agar kucing tidak kesulitan ketika masuk ke dalamnya,” tulis tersebut. “Banyak kotak yang didesain terbuka, tetapi alangkah baiknya pilih litter box yang memiliki tutup (atau tertutup) untuk menahan pasir dan bau kotoran. Selain itu, jangan lupa untuk membeli pasir dan pilih yang tidak memiliki debu.”

Untuk mendapatkan litter box ini memang tidak susah. Anda bisa membelinya di pasar hewan di dekat domisili Anda atau menelusuri berbagai situs online. Di pasaran dalam negeri, litter box dengan ukuran mini sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp13 ribuan, sedangkan ukuran besar dijual dengan harga mulai Rp40 ribuan. Sementara, untuk litter box model tertutup, harganya berkisar Rp400 ribuan sampai Rp1 jutaan.

Loading...