Rabu Sore, Rupiah Naik Tipis Saat Wabah Virus Corona Melambat

Rupiah - m.harianjogja.comRupiah - m.harianjogja.com

JAKARTA – Spekulasi penyebaran virus corona yang mungkin melambat membuat mayoritas mata uang meraup keuntungan sepanjang Rabu (12/2) ini, termasuk . Menurut paparan Index pada pukul 15.50 WIB, mata uang Garuda mampu menguat super tipis 1 poin atau 0,01% ke level Rp13,674 per AS.

Sementara itu, Bank siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp13.659 per dolar AS, menguat 27 poin atau 0,19% dari perdagangan sebelumnya di level Rp13.686 per dolar AS. Di saat yang bersamaan, mayoritas mata uang Asia juga mampu mengungguli , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,37% dialami baht Thailand.

Mata uang Benua Kuning, dilansir Bloomberg, menghijau di tengah spekulasi bahwa penyebaran virus corona akan melambat. Di Provinsi Hubei, jantung wabah virus tersebut, melaporkan 1,638 kasus terinfeksi baru, atau yang terendah secara harian untuk bulan ini. Presiden China, Xi Jinping, juga berjanji bahwa ia akan memenuhi tujuan ekonominya dan memenangkan pertarungan melawan virus corona.

Sebelumnya, pada Selasa (11/2) kemarin, ada 2.015 kasus infeksi baru yang dikonfirmasi, kenaikan terendah sejak 30 Januari. Penasihat senior Negeri Panda pun mengutarakan bahwa wabah mungkin akan berakhir pada April mendatang, yang lantas membuat pasar mata uang menjadi stabil setelah penurunan tajam aset China yang terpapar.

“Dua hal memberi alasan untuk optimisme (pasar ),” tutur kepala ekonomi di Mizuho Bank di Singapura, Vishnu Varathan. “Tingkat infeksi makin melambat dan pemulihan meningkat lebih cepat daripada kematian. Pasar telah mundur dari tepi jurang dan mereka telah menghindari risiko jatuh bebas.”

Seiring dengan pergerakan mata uang Asia, indeks dolar AS yang melacak pergerakan mata uang dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia, juga terpantau menguat tipis 0,043 poin atau 0,04% ke level 98,764 pada pukul 12.36 WIB. Sebelumnya, mata uang Paman Sam tersebut harus ditutup melemah 0,111 poin atau 0,11% di posisi 98,721.

Loading...