Volume Kendaraan Tinggi, Kemacetan Karanglo Malang Tak Terelakkan

Kemacetan di Karanglo, Malang (sumber: kabarwarta.id)Kemacetan di Karanglo, Malang (sumber: kabarwarta.id)

Meskipun sudah dibangun Tol Malang-Pandaan serta underpass ( bawah) Karanglo, rupanya kemacetan pada saat pelaksanaan Lebaran 2019 masih tidak dapat terelakkan. Adapun jumlah yang melintas di Jalan Tol Pandaan-Malang pada H+1 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dilaporkan mencapai 25.000 per hari. Hal ini pula yang menyebabkan antrean panjang di Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Tarjawali) Satlantas Polres Malang, Ahmad Taufik, banyaknya jumlah pengguna Tol Pandaan-Malang mengakibatkan kepadatan di simpang empat Karanglo pun tak bisa dihindari. “Jumlah kendaraan per jam sebanyak 2.000 kendaraan per hari mencapai 25.000 kendaraan. Banyak pengguna memilih tol,” kata Taufik, Jumat (7/6), seperti dilansir Antara.

Sedangkan simpul kemacetan terjadi di Karanglo, yakni tepatnya di depan Gerbang Tol Singosari, Malang, Jawa Timur. Kepadatan itu rupanya terjadi karena tingginya kendaraan yang hendak menuju Kota Batu dari arah Singosari dan antrean untuk masuk tol dari arah Kota Malang. “Dari tol ke arah Kota Batu, juga mengalami kepadatan karena di ujung Karanglo ada rel kereta api, dan penyempitan, dari dua lajur menjadi satu lajur,” paparnya.

Kemacetan ini pun semakin parah karena banyak masyarakat yang masih belum tahu bahwa jalan bawah (underpass) Karanglo sudah beroperasi dan dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan. Oleh sebab itu, kepolisian pun mengarahkan kendaraan untuk melewati underpass agar dapat mengurai kepadatan lalu lintas.

Sebagian besar kendaraan yang hendak menuju Surabaya enggan melewati underpass Karanglo dan lebih memilih menggunakan jalan tol. Akibatnya, hal ini menyebabkan lonjakan volume kendaraan hingga menimbulkan kemacetan mencapai 3,6 kilometer (km). “Kemudian dari arah selatan, untuk yang lurus bisa melewati underpass, akan tetapi banyak masyarakat tidak tahu. Sehingga yang akan lurus itu masih banyak melalui jalur atas,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari Suara Surabaya hari ini, Sabtu (8/6) sejak pukul 09.14 WIB tadi terjadi kepadatan di jalur Exit Tol Karanglo. Kepadatan tersebut sudah berlangsung sejak jam 08.42 WIB.

Loading...