Varietas Beragam, Harga Buah Melon Terbaru Berkisar Mulai Rp 15 Ribuan

Buah Melon - juicify.com.myBuah Melon - juicify.com.my

Melon termasuk yang kaya akan kandungan air dan banyak disukai oleh Indonesia. berukuran besar dan rasanya manis ini hampir tak pernah terlewatkan pada momen-momen tertentu, terutama saat memasuki bulan puasa. melon terbaru saat ini masih relatif terjangkau, hanya berkisar belasan ribu saja.

Berdasarkan dari Pasar Induk Nusantara, harga buah melon Ngawi sekitar Rp 15.000 per buah, kemudian Rock Melon/melon harganya Rp 17.000 per buah, dan Golden Melon harganya mencapai Rp 18.000 per buah. Buah melon bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional maupun di swalayan seperti Giant, Superindo, Carrefour, Hypermart, Lotte Mart, hingga mini market layaknya Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi.

Di beberapa pusat perbelanjaan seperti Giant biasanya buah melon tak hanya dijual utuh per kilogram (kg) saja, tetapi juga dijual dalam bentuk yang pack sudah diiris-iris. Sebagai , untuk varian rock melon/melon sky rocket di Giant harga per gram-nya sekitar Rp 2.045, kemudian di Carrefour buah melon yang sudah dipotong harganya Rp 2.790 per 100 gram. Harga buah melon yang berlaku di setiap toko kemungkinan bisa saja berbeda-beda.

Varian buah melon saat ini ada banyak, tak hanya didominasi dengan melon yang dagingnya hijau saja, tetapi ada juga buah melon dengan daging berwarna oranye atau kuning. Bahkan akhir tahun 2017 lalu petani sayuran di kawasan Teluknaga, Tangerang kabarnya berhasil membudidayakan melon bernilai tinggi, yakni varietas Alisha F1 yang dapat berbuah hingga 49-54 ton per hektare.

“Varietas F1 Alisha memiliki kulit kuning halus tanpa net memiliki daging renyah dan sangat manis, tingkat kemanisannya mencapai 17 brix,” ujar Ketua Kelompok Petani Teluknaga, Suratman, di Kabupaten Tangerang, seperti dilansir Republika.

Menurut Suratman, melon kuning punya nilai ekonomis tinggi, hasil panen tinggi, dan kualitas buahnya bagus, sehingga diyakini bisa meningkatkan pendapatan petani. Selain Alisha F1, petani di sana juga dapat menanam varietas melon Stella F1. Benih kedua melon berkulit kuning tersebut didapat dari PT East West Seed Indonesia (Ewindo) atau Cap Panah Merah. “Kami sangat bangga karena membudidayakan melon kuning tidaklah mudah, memerlukan perawatan dan perhatian besar dan penuh ketelitian,” tandasnya.

Loading...