Usung Konsep Perbankan Digital, Berapa Biaya Transfer Jenius?

Biaya Transfer Jenius - tamankosong.comBiaya Transfer Jenius - tamankosong.com

Membuka rekening di bank memang terkadang cukup merepotkan, sebab calon harus jauh-jauh datang ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran secara manual dengan menyerahkan berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan sekaligus melakukan setoran tunai. Tetapi sadar akan tingginya mobilitas perkotaan, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) pun mengembangkan banking bertajuk Jenius. tabungan digital ini hampir sebagian besar transaksinya, mulai dari , pembukaan, hingga administrasi tak dipungut biaya.

Menurut Digital Banking Value Proposition & Product Head BTPN Irwan Sutjipto Tisnabudi, Jenius hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah yang melek teknologi. Ke depannya, layanan Jenius sangat dimungkinkan untuk membayar tol layaknya uang elektronik.

“Layanan Jenius ini bukan uang elektronik dan layanan ini tidak dalam rangka bersaing dengan uang elektronik. Namun, seperti pembayaran tol seperti uang elektronik, akan sangat dimungkinkan melalui layanan ini,” jelas Irwan, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, BTPN akan terus mengembangkan Jenius untuk menjawab pasar nasabah yang disasar. Jenius sendiri adalah inovasi digital dari BTPN untuk segmen nasabah yang tinggal di perkotaan dan melek teknologi. Lewat Jenius, nasabah dapat membuka rekening di bank tanpa perlu datang ke kantor sekaligus menikmati berbagai layanan lewat .

Calon nasabah tak perlu khawatir, pasalnya pembukaan rekening Jenius tak dipungut biaya alias gratis. Selain itu, rekening Jenius juga tak menarik biaya administrasi bulanan maupun penutupan rekening. Saldo awal saat pembukaan rekening pun Rp 0 saja. Akun yang dorman atau tidak ada transaksi di bawah 6 bulan pun tak akan dikenai biaya. Menariknya lagi, Jenius tidak menetapkan aturan saldo minimum bagi para nasabahnya.

Adapun untuk transaksi transfer, baik sesama maupun antar bank melalui Jenius pada dasarnya gratis, namun berlaku sistem kuota transfer bulanan. Ketentuannya, bila saldo rata-rata nasabah bulan sebelumnya di bawah Rp 1 juta, maka nasabah tak mendapat kuota gratis biaya transaksi. Tetapi jika saldo rata-rata bulan sebelumnya antara Rp 1 juta – Rp 9.999.999 kuota gratis transfernya adalah 15 kali bila melalui aplikasi dan 5 kali gratis tarik tunai di ATM Bersama/Prima. Nah, untuk yang saldonya sama dengan atau di atas Rp 10 juta kuota gratis transfer dan tarik tunai masing-masing 25 kali.

Jika kuota transaksi sudah habis, transaksi berikutnya ke bank lain dikenai biaya Rp 3.000 per transaksi. Apabila transfer dengan metode SKN Rp 3.000, RTGS Rp 20.000, dan transfer ke nomor hp atau e-mail Rp 3.000.

Loading...