Usung Konsep Mobil 3 Baris, Berapa Harga Jual Suzuki Karimun Wagon R7-Seater?

Suzuki Karimun Wagon R7-Seater - autonetmagz.comSuzuki Karimun Wagon R7-Seater - autonetmagz.com

Masyarakat sebenarnya sudah berhasil dibuat takjub dengan sosok 3 baris, Karimun Wagon R7 yang diperkenalkan pertama kali dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Namun 5 tahun berselang, masih belum ada petunjuk mengenai harga atau kapan mobil berkapasitas 7 itu bakal dijual di Tanah Air. India justru dikabarkan akan mendahului Indonesia dan merilis Karimun Wagon R 7 pada November 2018 mendatang dengan produksi massal yang dijadwalkan pada September 2018 depan.

Foto-foto bocoran mengenai tampilan prototipe Wagon R7 sedang diuji di jalanan India pun mulai bermunculan. Wagon R 7-penumpang dirancang bukan dari platform 5-penumpang, melainkan menggunakan basis Heartect yang ada pada generasi baru Swift. Banyak pihak beranggapan bahwa inilah yang mungkin menyebabkan Suzuki begitu lama beralih mengembangkan ke model produksi.

Suzuki Karimun Wagon R7 disebut-sebut memiliki panjang bodi mencapai 4 meter, lebih panjang dari versi 5-seater yang hanya 3,6 meter. Namun bagian wheelbase dari keduanya tetap sama. Suzuki Karimun Wagon R7 kabarnya dilengkapi regulasi keselamatan baru yang berlaku di India pada Oktober. Belum jelas mesin apa yang digunakan, namun diperkirakan akan menggunakan bensin K12B 1.2L 4-silinder dan diesel 1.5L.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia menjelaskan jika pihaknya belum berencana meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R7 di Indonesia. “Belum (akan meluncurkan Karimun Wagon R 7 Penumpang). Kalaupun kita mau keluarkan LCGC tiga baris, penawaran modelnya akan berbeda dengan yang sekarang kita tawarkan,” kata Donny Saputra, Marketing Director 4W PT SIS, seperti dilansir Liputan 6.

“Jadi pada saat kita kembangkan (Karimun Wagon R) pertama kali kan bukan hanya untuk dalam negeri. Jadi kita kembangkan untuk kebutuhan ekspor juga. Kebetulan LCGC kami secara komposisi jualannya banyak ekspor dari pada domestik,” imbuh Donny.

Dony menjelaskan bahwa pengembangan Karimun Wagon R7 membutuhkan waktu lama karena nantinya produk itu bukan hanya dijual di satu negara saja, tetapi juga untuk ekspor. “Penyegaran untuk Wagon R sedang dalam . Akan tetapi ketika kami (Suzuki) melakukan penyegaran, kan tidak hanya menyerap aspirasi konsumen yang ada di Indonesia saja. Aspirasi pasar ekspor kami juga, karena produk diekspor juga,” pungkasnya.

Loading...