Usaha Modal Kecil, Ubah Mindset Berbisnis

Ilustrasi: bisnis toko online rumahan modal kecilIlustrasi: bisnis toko online rumahan modal kecil

Masih banyak orang yang merasa takut untuk membuka . Pasalnya penilaian orang terkait membuka selalu berhubungan dengan persiapan modal yang cukup besar. Padahal hampir sebagian pengusaha yang merintis bisnisnya selalu memulai dengan tahapan kecil serta yang amat berliku. Tak heran jika setiap pengusaha memiliki kisah inspiratif dan tak luput akan risiko kebangkrutan.

Lantas, apakah mulai membuka bisnis selalu dengan modal besar? Membentuk pola pikir pengusaha yang tak pantang menyerah menjadi kunci utama sebagai pelaku bisnis. Maka keberanian, tekat dan keuletan yang akan mewujudkan kesuksesan usahanya.

Ada sejumlah faktor pendorong seseorang bertekat membuka usaha, di antaranya dapat membuka lapangan , melihat peluang yang menjanjikan, berawal dari bisnis sampingan, tekat kuat mengejar mimpi, serta kemampuan dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Beragam bentuk peluang usaha yang sebenarnya dapat dimaksimalkan dalam membuka bisnis dimulai dengan memilih usaha modal kecil. Usaha modal kecil sering dijalankan pengusaha kecil hingga menengah. Tak ada salahnya jika calon pengusaha memulai usaha online dari rumah seperti membuka usaha jasa menjahit, bisnis kuliner, bisnis pulsa elektrik, mengadakan les privat, membuka sembako, jasa laundry, hingga bisnis percetakan atau sablon.

Selain itu, usaha modal kecil juga dapat dijalankan secara online meliputi bisnis afiliasi, bisnis , dan membuat layanan portal atau web. Jika memiliki kemampuan dalam bidang tertentu juga dapat dikembangkan sebagai usaha seperti menjadi penulis lepas dan jasa web developer. Bahkan sosiopreneur seperti bisnis MLM online juga dapat dijadikan pertimbangan memulai bisnis modal kecil.

Salah satu motivator dan pebisnis yang banyak dikenal yakni Bob Sadino seperti dilansir moneysmart.id, memberikan motivasi terkait bisnis modal kecil tetapi memiliki untung yang besar. Bob Sadino menekankan agar pelaku bisnis memulai usaha dengan sesuatu yang dikuasai. Sehingga akan lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha. “Selanjutnya, jika telah memiliki usaha maka akan lebih efektif jika disebarkan pada teman atau rekan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menyaring pelanggan dan mitra bisnis, sehingga dapat memperluas jaringan,” ungkapnya.

Dalam melakukan usaha tidak disarankan menggunakan orang ketiga, hal tersebut lantaran erat kaitannya dengan aktivitas marketing yang jelas akan menambah dari usaha yang dijalankan. Menerapkan prioritas dalam menjalankan usaha juga menjadi kunci penting khususnya erat kaitan dengan modal usaha. Lebih dari itu, pebisnis pemula tidak disarankan untuk meminjam uang di bank.

Perkembangan media sosial juga dapat dimaksimalkan untuk menjalankan usaha modal kecil. Penggunaan medsos yang efektif dapat menunjang kegiatan promosi usaha yang tengah dijalankan. Dengan menerapkan kesabaran dan tidak bosan, maka usaha modal kecil menghasilkan untung besar akan segera diwujudkan.

Loading...