Urus Perizinan Usaha Diklaim Lebih Mudah & Cepat, Berapa Biaya Layanan OSS?

Online Single Submission (OSS) - www.oss.go.idOnline Single Submission (OSS) - www.oss.go.id

Sejak awal tahun 2019 lalu pemerintah meluncurkan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Single Submission (OSS). Layanan OSS ini adalah perluasan dari PTSP yang sudah ada, di mana keputusan izin dalam bentuk dikeluarkan melalui yang memiliki kekuatan yang sama dengan perizinan dalam bentuk tertulis.

“Mulai saat ini, izin-izin berusaha yang diajukan sebelum berlakunya PP ini dan belum diterbitkan izinnya, akan diproses melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau OSS,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution, seperti dilansir Indotelko.

Dengan mendaftar melalui OSS, para pemilik usaha nantinya akan memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berfungsi sebagai pengganti SIUP, TDP, Angka Pengenal Importir (API), dan akses kepabeanan. Tetapi bagi pelaku usaha yang terlanjur mendapatkan izin lama, tetap bisa mendaftar Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online setelah masa berlaku dari salah satu izin telah habis.

untuk OSS cukup mudah, calon pemohon wajib memenuhi sejumlah persyaratan seperti memiliki NIK dan menginputnya dalam user-ID. Khusus untuk pelaku usaha berbentuk badan usaha, NIK yang dibutuhkan adalah NIK penanggung jawab badan usaha. Untuk badan usaha berbentuk PT, didirikan yayasan, koperasi, CV, firma, dan persekutuan perdata diharuskan menyelesaikan proses pengesahan badan usaha di Kementerian Hukum dan HAM melalui AHU Online, sebelum mengakses OSS.

Yang terakhir, untuk badan usaha berbentuk perum, perumda, badan hukum lainnya yang dimiliki oleh negara, badan layanan umum atau lembaga penyiaran menyiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha.

Seluruh perizinan yang telah diterbitkan oleh OSS hanya akan diaktivasi dan berlaku efektif setelah komitmen izin telah dipenuhi dan melakukan pembayaran perizinan seperti PNBP, retribusi atau lainnya sesuai peraturan yang berlaku. Oleh sebab itu besarnya perizinan OSS antara satu badan usaha dengan yang lain bisa saja berbeda-beda.

Proses pengurusannya sendiri diklaim cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit atau 1 jam saja jika semua persyaratannya lengkap. Saat ini juga sudah ada biro jasa yang menerima pengurusan perizinan OSS dengan biaya antara Rp 2 juta hingga Rp 2,5 jutaan. Informasi lebih jelas seputar OSS seperti cara registrasi, user manual atau panduan daftar, hingga tutorial pendaftaran bisa diketahui lewat situs resmi oss.go.id.

Loading...