Untuk Pembungkus Paket, Berapa Harga Kertas Coklat Kraft/Samson?

Kertas Samson Coklat Kraft - www.bukalapak.com

JAKARTA – Jika kado biasanya dibungkus dengan kertas bermotif dan berwarna-warni, maka tidak demikian dengan . Umumnya, kotak kiriman hanya akan dibungkus dengan kertas berwarna coklat yang sederhana. Di sendiri, kertas coklat pembungkus paket ini mulai belasan ribu sampai puluhan ribu .

Dikutip dari beberapa beli , kertas coklat pembungkus paket berukuran 35 x 60 cm sekarang dijual dengan harga cuma Rp13 ribuan isi 25 lembar. Sementara, untuk yang berukuran 45 x 60 cm dengan ketebalan 80 GSM, ditawarkan dengan harga mulai Rp50 ribu sampai Rp80 ribuan berisi 90 lembar. Jika ingin membeli per lembar, saat ini dijual dengan harga Rp1.200 untuk 90 x 60 cm, atau Rp1.700 per lembar untuk 90 x 120 cm.

Kertas coklat pembungkus paket sendiri lebih dikenal dengan nama kertas Samson atau Kraft. Kertas ini umumnya terbuat dari daur ulang, memiliki warna coklat muda atau coklat tua. Meski umumnya digunakan sebagai kertas bungkus, namun karena memiliki desain dan kesan klasik, juga banyak dipakai untuk pembuatan paper bag dan hang tag (tas bepergian).

“Bahan kertas yang berasal dari proses daur ulang memiliki warna coklat dan biasa digunakan untuk membuat paper bag dan sebagai bungkus,” tulis Hibrkraft.com. “Ketebalan yang sering digunakan adalah 70 GSM dan 80 GSM atau sedang sehingga tidak tembus jika ditulisi dengan pulpen atau spidol. Selain warna coklat, kertas ini juga punya ciri khas berupa tekstur yang kasar.”

Setiap fungsi kertas ini tentunya ditentukan dari jenis kertas itu sendiri. Jenis kertas yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, juga ditentukan dari ukuran ketebalan atau ukuran beratnya. Misalnya, kertas yang lebih tebal dan tidak mudah rusak akan lebih cocok sebagai bahan untuk tas kertas (paper bag) dibandingkan kertas lain yang lebih tipis dan mudah rusak, yang mungkin lebih cocok digunakan sebagai kemasan makanan.

Loading...