Untuk Keabsahan Dokumen, Berapa Harga Tinta Stempel Ungu?

Tinta Stempel Ungu - www.tokopedia.comTinta Stempel Ungu - www.tokopedia.com

JAKARTA – Meski saat ini sudah tersedia warna stempel yang beragam, seperti merah, biru, kuning, dan bahkan hijau, namun ungu masih menjadi ‘juara’ dalam hal warna stempel. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian tinta stempel warna violet ini paling banyak diperjualbelikan di . Di sendiri, harga tinta stempel warna ungu berkisar ribuan hingga puluhan ribu per botol.

Dikutip dari berbagai sumber, stempel adalah yang permukaannya berukir , tulisan, atau keduanya, yang dapat menghasilkan cap. Berdasarkan fungsinya, stempel lebih bertujuan sebagai tanda pengenal dari orang atau institusi yang namanya tertera atau yang bertanda tangan dalam dokumen. Meski nama dan tanda tangan saja sebenarnya sudah cukup, namun dengan stempel, legalitas dokumen akan semakin kuat di mata .

Kekuatan stempel bahkan telah diatur dalam undang-undang. Dalam KUHP Pasal 236 ayat (1), barang siapa yang membuat surat palsu atau memalsukan surat, yang dapat menerbitkan suatu hak, suatu perjanjian, atau suatu perjanjian utang, atau yang boleh dipergunakan sebagai keterangan suatu perbuatan, dengan maksud menggunakan atau menyuruh orang lain menggunakan surat-surat itu, seolah olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, maka kalau mempergunakannya dapat mendatangkan sesuatu kerugian dihukum karena pemalsuan surat, dengan kurungan penjara selama-lamanya enam tahun.

Sementara itu, dalam Peraturan Menteri Nomor 37/M-Dag/Per/9/2007 tentang Penyelenggaraan , penggunaan stempel juga telah disinggung. Stempel dikatakan sebagai alat yang berfungsi untuk lebih memperkuat keabsahan suatu dokumen. Stempel pun masih dibutuhkan meski tanda tangan dan materai dirasa sudah cukup.

Umumnya, institusi atau perusahaan menggunakan stempel dengan tinta warna ungu. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian tinta warna ini yang paling banyak dijual di pasaran. Jika Anda menelusuri situs jual beli online, tinta stempel ungu merk Pyramid isi 50cc sekarang dijual dengan harga Rp7.300, sedangkan merk Flash 5 ml dijual Rp8.900. Sementara, tinta stempel ungu merk Artline 50 ml sekarang dilepas dengan harga mulai Rp25 ribuan per botol.

Loading...