Untuk Dudukan Atap Genteng, Berikut Harga Kayu Reng 1 Ikat di Pasaran

Kayu Reng - kapling147.blogspot.co.idKayu Reng - kapling147.blogspot.co.id

merupakan salah satu yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kebutuhan, terutama untuk membuat rumah dan gedung. Di sendiri, kayu memiliki bermacam ukuran dan istilah, salah satunya reng. Biasa digunakan untuk dudukan atap genteng, kayu reng 1 ikat sekarang berada di kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu .

“Kayu bangunan adalah kayu yang diperoleh dengan cara mengubah kayu bulat menjadi kayu berbentuk dan memiliki ukuran panjang, lebar, dan tebal,” tulis Sarana Bangunan dalam situs resminya. “Ukuran kayu tersebut juga dipakai untuk menamai kayu bangunan sesuai dengan ukurannya masing-masing, misalnya balok, galar, kaso, papan, reng, maupun bentuk-bentuk yang lain.”

Khusus kayu reng, ini bisa dikatakan sebagai ukuran kayu yang paling kecil. Kayu ini biasanya digunakan untuk dudukan atap genteng, dengan ukuran penampang yang tersedia adalah 2 cm x 3 cm dan 3 x 4 cm. Banyak rumah yang memanfaatkan kayu reng sebagai atap, terutama rumah-rumah , termasuk rumah adat khas Betawi.

Atap rumah ini memang menggunakan material genteng atau daun kirai berbentuk anyaman. Konstruksi kuda-kuda dan gording (balok induk yang bertugas menahan elemen struktur rangka atap) menggunakan kayu gowok, atau bisa juga memakai kayu kecapi. Sementara, balok tepi menggunakan kayu nangka yang sudah tua, dengan kaso yang berfungsi sebagai dudukan reng dan reng menggunakan bambu tali.

Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan kayu reng karena sudah bebas di toko bangunan maupun situs jual beli online. Jika Anda membelinya secara batangan, harganya sekitar Rp15 ribuan sampai Rp22 ribuan, tergantung kayunya. Sementara, jika Anda membeli ikatan, harganya mulai Rp80 ribuan per ikat untuk kayu reng alba atau Rp120 ribuan per ikat untuk kayu reng duren dengan satu ikat berisi 25 batang.

Loading...