Unik, Kulit Semangka Ternyata Bisa Diolah Jadi Manisan yang Lezat

Manisan Kulit Semangka - cookpad.comManisan Kulit Semangka - cookpad.com

Selama ini banyak orang yang kurang menyukai bagian kulit alias pinggiran semangka yang berwarna putih karena menganggap rasanya tidak manis dan terlalu keras untuk dimakan. Alhasil bagian tersebut kerap dibuang. Padahal kulit semangka ternyata mengandung banyak khasiat dan bisa diolah menjadi yang segar dan legit.

Kulit semangka berwarna putih tersebut mengandung citrulline yang merupakan salah satu zat antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Menurut Journal of The Science of Food and Agriculture tahun 2011, kulit buah semangka juga mengandung asam amino yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Menariknya, sepotong kecil saja kulit semangka mengandung 2% vitamin C dan 1% vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika tak suka mengonsumsinya langsung, ternyata kulit semangka bisa disulap menjadi olahan manisan yang layak disuguhkan ketika Lebaran.

Resep membuat manisan kulit semangka cukup mudah. Kulit semangka sebelumnya harus dibersihkan dari lapisan terluarnya yang berwarna hijau dan pisahkan dari buah semangka yang berwarna merah. Kemudian potong-potong menjadi yang sesuai selera. Kulit tersebut kemudian direbus dengan sedikit air sampai lunak, lalu masukkan gula pasir yang cukup banyak hingga air rebusan habis dan kulit semangka berubah jadi transparan seperti jelly.

“Semakin banyak gula yang digunakan dan semakin kental kuah maka manisan akan semakin awet walau hanya disimpan di suhu ruang,” ujar Endang Indriani yang membagikan resep manisan unik tersebut melalui blog pribadinya.

“Di resep aslinya hanya menggunakan vanili sebagai penambah . Menurut saya dengan tambahan sedikit air jeruk lemon dan parutan kulitnya akan membuat manisan terasa sedikit asam segar. Jika Anda kesulitan menemukan jeruk lemon, maka bisa diganti dengan air jeruk nipis,” imbuh Endang.

Manisan ini bisa disimpan dalam toples bersih yang tertutup rapat baik di suhu ruangan maupun di dalam kulkas. Selain itu manisan kulit semangka ini bisa disantap begitu saja atau dimakan dengan roti panggang, sereal, dan sebagainya.

Loading...