Umum Digunakan Untuk Penutup Sofa, Ini Harga Kulit Sintetis Oscar

Sofa Kulit SintetisSofa Kulit Sintetis

Kulit sintetis adalah kulit imitasi yang tidak menggunakan kulit hewan, kulit imitasi telah dibuat berbagai macam jenis yang sangat mirip dengan kulit yang aslinya. Mulai dari glossy, motif, warna bahkan bisa jauh lebih baik mengembangkan motif sesuai selera. Di pasaran terdapat banyak jenis produk kulit sintetis yang bisa dipilih oleh pembeli, salah satunya adalah jenis oscar yang dijual dengan harga mulai Rp50 ribuan per meter.

Kulit sintetis biasanya digunakan untuk bahan pembuatan tas, jaket, baju, sepatu pria maupun wanita, jok atau motor, sofa, dompet, dan produk fashion lainnya. Tekstur permukaan pada kulit sintetis dinilai sangat mirip dengan kulit asli.

Bahan kulit sintetis yang asli diklaim terbuat dari polymer-polymer yang disusun secara terus menerus dan bertahap. Bahan kulit sintetis ditemukan pertama kali pada tahun 1850, dan kemudian dikembangkan dengan komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis.

Dikatakan bahwa bahan tersebut merupakan bahan jenis kulit yang telah banyak diminati orang. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa keunggulan dari kulit sintetis. Mulai dari , bermacam motif dari jenis kulit sintetis dan cara merawat kulit sintetis yang lebih mudah. Karena motif, tekstur, dan warnanya yang beragam, menjadikan bahan kulit sintetis cocok digunakan pada berbagai macam produksi interior, fashion, maupun otomotif yang mewah, , sederhana, dan elegan.

Khusus untuk jenis kulit sintetis oscar, umumnya bahan ini digunakan untuk penutup sofa. Oscar adalah bahan sintesis yang menyerupai kulit. Secara fisik, oscar mirip dengan kulit, namun kualitasnya tentu berbeda. Selain digunakan sebagai bahan pelapis sofa. Oscar juga digunakan sebagai pelapis kursi makan atau kursi kantor.

Sofa dengan penutup berbahan Oscar banyak diminati karena alasan harga yang relatif , serta perawatannya sangat mudah. Untuk membersihkan sofa Oscar, cukup digunakan sikat gigi halus atau kain lap basah yang diberi sedikit sabun cuci tangan.

“Bahan ini dinilai murah tetapi tetap . Yang tak kalah menarik, mudah dibersihkan dari noda. Apalagi, ruang keluarga merupakan pusat aktivitas yang apa saja bisa terjadi,” ungkap Fakhruk.

Akan tetapi di balik kelebihan yang membuatnya banyak diminati, bahan oscar untuk sofa juga memiliki kelemahan yang mesti diketahui. Kelemahan oscar sebagai bahan pelapis atau penutup sofa adalah akan terasa panas jika diduduki dalam waktu yang lama, kurang awet, bahan ini cepat menjadi pecah-pecah dan rontok. Pelapis oscar mungkin hanya dapat bertahan dalam waktu beberapa tahun dan setelah itu memerlukan pengganti pelapisnya. Kaku sehingga ketika digunakan untuk lekukan biasanya akan berkerut.

Namun, terlepas dari sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan tersebut, kain oscar tetap dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembungkus sofa yang cukup baik jika ingin mendapatkan interior ruangan yang elegan dan tetap ekonomis.

 

Loading...