Umum Digunakan di Posyandu, Harga Timbangan Dacin 25 Kg Rp200 Ribuan

Harga, timbangan, gantung, dacin, 25, kg, buah, sayur, posyandu, balita, cara, menimbang, kapasitas, 10, 50, 110, model, thermal, spray, electro-plating, stainless, steel, logam, jenis, pegas, pir, kuningan,Timbangan Dacin digunakan di Posyandu (sumber: beritasatu.com)

Untuk menimbang ataupun sebuah barang, tentunya dibutuhkan penimbang atau timbangan. Salah satu jenis timbangan yang lumrah digunakan adalah Dacin. Timbangan yang satu ini biasa digunakan untuk menimbang sayuran, buah, padi, beras, besi bekas, dan segala bentuk barang maupun bahan makanan.

Saat berkunjung ke , Anda juga akan menemukan timbangan gantung dacin ini untuk menimbang balita. Alasan penggunaan dacin, karena dacin lebih kuat dan jika dibandingkan dengan alat timbang lain, apalagi timbangan yang menggunakan pegas/pir. Per yang terdapat pada timbangan dalam jangka waktu yang lama akan melar sehingga mempengaruhi hasil penimbangan.

Timbangan dacin ini dianggap praktis dan mudah digunakan. Menjadi pilihan banyak orang karena tidak membutuhkan sumber daya listrik dalam pengoperasian, mudah dibawa, dan awet meski tanpa perawatan khusus.

Meski demikian, menimbang balita dengan menggunakan dacin tidak boleh dianggap sepele, karena hasil pembacaan dari timbangan tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan oleh petugas kesehatan, apakah balita tersebut memiliki yang baik atau tidak serta keputusan untuk jenis intervensi yang tepat untuk balita tersebut.

Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang cukup sebelum melakukan penimbangan balita dengan menggunakan dacin, mulai dari persiapan alat timbang sampai kepada peningkatan keterampilan orang yang menggunakan timbangan tersebut, biasanya dilakukan oleh Kader Posyandu. “Periksa terlebih dahulu apakah dacin sudah tergantung kuat. Cara untuk memeriksa ialah dengan cara menarik dacing kuat-kuat ke bawah. Hal tersebut sangat penting karena berhubungan dengan keselamatan balita yang akan ditimbang. Jika dacin tidak tergantung kuat dan terjadi insiden dimana dacin terlepas dan menimpa balita yang ditimbang,” ujar salah seorang petugas Posyandu.

Tak lupa, seimbangkan dacin dengan cara menggantung kantong (bisa terbuat dari kantong plastic atau kain yang dibuat khusus) yang berisi pasir pada ujung batang dacin. Penggunaan pasir dimaksudkan agar proses penyeimbangan dapat dilakukan dengan mudah. Kemudian, masukkan balita ke dalam sarung timbang dan seimbangkan dacin.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasukan balita ke dalam sarung timbang ialah pastikan pakaian yang digunakan seminimal mungkin, lepaskan topi (jika menggunakan topi), sepatu, kaos kaki, pampers, dan lain-lain. Tindakan tersebut bertujuan agar barang-barang tersebut tidak mempengaruhi berat badan balita yang sesungguhnya. Pada bagian ini dibutuhkan keterampilan dan kesabaran seorang Kader Posyandu untuk membaca hasil penimbangan, karena umumnya balita akan meronta dan membuat dacin sulit untuk diseimbangkan.

Penting untuk diketahui bahwa pemasangan dacin yang keliru, apalagi kondisi dacin yang sudah tidak standar akan sangat berpengaruh pada hasil penimbangan dan akhirnya berpengaruh dalam menentukan status gizi bagi balita tersebut.

Timbangan dacin sendiri terbagi dalam empat timbang, mulai dari 10 kg, 25 kg, 50 kg, dan 110 kg. Selain itu juga terdapat empat pilihan, yakni model lama yang dibuat dari pipa dan bandulnya dilapis dengan cor , thermal spray, electro-plating, dan . Harganya pun bervariasi, untuk kapasitas timbang 25 kg misalnya, dijual dengan Rp260 ribuan.

Loading...