Ukuran Kecil & Praktis, Harga Tabung Scuba 13 Cuft untuk Selam Dijual Mulai Rp 2,9 Jutaan

Ilustrasi : Seorang turis sedang melakukan scuba diving

Sejak pulau-pulau eksotis di Indonesia yang memiliki keindahan bahari memukau diekspos ke media, alhasil banyak wisatawan domestik maupun yang berbondong-bondong pergi ke tempat-tempat seperti Raja Ampat, Derawan, dan masih banyak lagi. Aktivitas utama yang tak boleh dilewatkan ketika berlibur ke tempat semacam itu tentu saja adalah berenang, snorkeling, free , hingga scuba .

Walau mungkin sepintas terlihat mudah, rupanya diving atau menyelam termasuk salah satu yang memerlukan keterampilan. Bahkan selam ternyata tak bisa dilakukan begitu saja tanpa adanya , setidaknya scuba diving A1.

Menurut panitia Gelar Aksi Mapala (GAM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Nuraisyah Pohan, sertifikat untuk para pelaku diving sangat diperlukan. Terlebih karena penyelam akan memasuki laut yang cukup dalam dan memungkinkan terjadinya berbagai risiko.

“Nggak semua orang bisa nyelam. Ini berbahaya makanya harus ada sertifikat. Mereka harus mengetahui bagaimana teknik pernapasan dan teknik-teknik lainnya, termasuk mengapung saat terjadi hal yang tergolong berbahaya,” jelas Nuraisyah, seperti dilansir Tribunnews.

Bukan hanya harus menguasai teknik menyelam, para penyelam juga harus mengenakan peralatan standar seperti baju selam, kacamata selam, oksigen, pelampung, regulator, fins diving, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari sekian banyak peralatan yang dibutuhkan tersebut, tabung oksigen termasuk yang paling vital dalam kegiatan menyelam. Tabung oksigen untuk selam atau yang kerap disebut tabung scuba biasanya tersedia dalam berbagai , mulai dari 13, 19, 30, 40, 50, 63, 80, hingga 100 cuft.

tabung scuba 13 cuft cukup bervariasi, rata-rata dijual mulai Rp 2,9 jutaan hingga Rp 4,4 jutaan, tergantung di mana membelinya. Tabung scuba 13 cuft memiliki ukuran yang cukup kecil dan kompak. Tabung oksigen untuk selam ini bahkan disebut-sebut cocok untuk dibawa dalam ransel karena diameternya hanya 11,14 cm dengan tinggi 40 cm dan berat kosong 2,7 kg. Kapasitas udara tabung scuba 13 cuft ini hanya 13,2 ft3 atau 373,8 liter, service pressure 3000 psi, volume air 1,9 liter, dan ukuran drat 0.750-14 NPSM.

Loading...