Ukur Volume Muatan Tangki, Berapa Harga Sounding Meter?

Sounding Meter - www.bukalapak.comSounding Meter - www.bukalapak.com

Sounding meter merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan untuk mengukur kedalaman suatu benda atau volume benda. Umumnya, alat ini dipakai untuk mengukur kedalaman tangki-tangki berukuran besar yang sulit dijangkau. Di , sounding meter bervariasi, tergantung mereknya, dengan kisaran ratusan ribu hingga jutaan .

“Sounding merupakan cara untuk mengetahui volume muatan di dalam tangki dengan menggunakan teknik yang telah ditetapkan,” tulis PT Kimpo Indoutama, yang berbasis di Jakarta, dalam . “Di atas kapal, biasanya selalu disediakan dua alat ukur serta dua tabel ukur, yaitu Tabel Ullage dan Tabel Sounding.”

Meski saat ini pengukuran tangki minyak sudah banyak yang menggunakan metode , namun pengukuran secara manual menggunakan sounding meter atau sounding tape ini masih cukup sering dilakukan. Selain itu, karena beberapa kondisi, membuat kru kapal tidak selalu bisa mengandalkan metode sounding untuk mengukur kedalaman tangki.

“Pengukuran fluida pada tangki tidak selalu bergantung pada peralatan yang bekerja secara otomatis dan mekanis,” menurut blog Dunia Maritim. “Pengukuran fluida juga dapat dilakukan secara manual, terutama pada keadaan-keadaan tertentu atau pada jenis fluida tertentu untuk menghindari terjadinya polusi atau tumpahan minyak serta menghindari terjadinya kerusakan pada mesin.”

Untuk mengukur ketinggian atau volume pada tangki secara manual, salah satu alat yang digunakan kru kapal adalah sounding meter. Alat ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel serta tidak mudah rusak dan berkarat jika digunakan pada minyak atau cairan tertentu. Selain itu, diperlukan juga oil/water finding paste yang dioleskan pada pita sounding tape, serta sounding table untuk menghitung cairan yang ada di dalam tangki.

Di pasaran, sounding meter Richter yang diklaim asli Jerman dijual dengan harga mulai Rp850.000 untuk 15 meter, Rp900 ribuan untuk 20 meter, hingga Rp1.450.000 untuk yang berukuran 30 meter. Sementara, sounding meter merek Weiss dengan panjang 20 meter ditawarkan Rp600 ribuan, dan merek Yamayo buatan China dengan panjang 20 meter dijual Rp250 ribuan.

Loading...