Tumbuh Subur di Dataran Tinggi, Harga Edamame di Supermarket Sekitar Rp 15 Ribuan Per 600 Gr

harga, edamame, di, supermarket, kedelai, jepang, omzet, praktis, murah, per, kg, gr, lotte, mart, suhu, dataran, tinggi, tumbuh, musim, kemarau, penghujan, pasokan, ton, tanamanEdamame dijual di supermarket (twitter: @carrefour_sem)

Jepang atau yang lebih dikenal dengan biasa dijadikan camilan dan dinikmati pada waktu santai. Dengan cara direbus saja, sudah bisa dinikmati. Di , bisa Anda temukan di beberapa , sebut saja Lotte Mart. jualnya sekitar Rp 15.500 untuk ukuran 600 gr (gram). tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Edamame bisa tumbuh subur di dataran tinggi. tanah yang cocok harus memiliki drainase yang baik. Penyiraman air dan penyemprotan pestisida perlu dilakukan agar tetap sehat. Di usia 70–90 hari, edamame bisa dipanen.

Proses edamame atau kedelai Jepang terbilang tidak sulit. Tanaman Edamame dapat tumbuh dengan baik bila ditanam di dataran tinggi, minimal 200 meter di atas permukaan laut (mdpl)–500 mdpl.

Suhu optimal untuk tanaman Edamame berkisar dari 20º-30º celsius. Jenis tanah yang cocok memiliki drainase baik. Tanah tersebut harus subur, gembur, dan kaya akan organik.

Arif Marjuki, pembudidaya edamame asal Bogor, Jawa Barat mengatakan, sebelum digunakan, lahan budidaya sebaiknya dibersihkan dari gulma, kotoran, dan sisa tanaman lama. Setelah itu lahan diberi pupuk kandang. Selanjutnya, buat guludan atau bedengan kasar dengan cara dibajak menggunakan traktor. Siapkan pula sistem pengairannya. “Bedeng berukuran sekitar 1,2 meter x 10 meter untuk jalan air ke tanaman,” ungkap Arif.

Area penanaman harus rajin disiram air. Cara penyiraman air harus basah dan jangan terlalu lembap. Paling tidak, tanah terlihat gembur dan tidak kering. Tahap selanjutnya, buat jarak tanam 20 sentimeter (cm) x 20 cm. “Setelah itu masukkan bibit edamame ke lubang penanaman. Satu lubang satu bibit. Tutup lubang tanah dan biarkan selama tiga hari, baru disiram lagi dengan air,” imbuh Arif.

Jika proses tahapan awal sudah dilakukan, sekitar 7–10 hari akan muncul biji edamame. Setelah tumbuh biji, tanaman harus disemprot anti hama dua kali dalam satu minggu. Apabila lingkungan lahan edamame tidak rawan hama serangga dan binatang pengerat, penyemprotan anti hama cukup sekali dalam sepekan.

Sementara itu, Asep Hidayat, pembudidaya edamame asal Lembang, Jawa Barat, mengatakan dirinya biasa menanam edamame saat memasuki akhir musim penghujan. Pada musim hujan, kondisi lahan masih subur dan persediaan air cukup berlimpah. Tanaman juga tak perlu disiram air.

Untuk harga jualnya, edamame kisaran Rp 14.000 hingga Rp 15.000 per kg. Memang, harga ini lebih murah apabila dibandingkan harga yang dibanderol oleh supermarket. Namun, membeli edamame di supermarket dirasa lebih praktis, karena tidak perlu susah mencarinya.

Dengan harga jual per kg kisaran Rp 14 ribuan, Arif Hidayat mengaku bisa meraup omzet hingga Rp 40 juta sebulan. “Pada musim kemarau seperti sekarang pasokan sedikit paling hanya 3 ton. Jika musim penghujan bisa dua kali lipat dari itu,” ujar Hidayat.

Loading...