Tren Positif Berlanjut, Rupiah Menguat di Awal Pekan

Rupiah menguat diawal pekanRupiah menguat diawal pekan - ekonomi.bisnis.com

positif rupiah masih berlanjut pada pembukaan perdagangan Senin (27/5) ini. Seperti dilaporkan Bloomberg Index, Garuda mengawali dengan menguat 32 poin atau 0,23% ke level Rp14.360 per AS. Sebelumnya, spot sudah berakhir melonjak 88 poin atau 0,61% di posisi Rp14.392 per AS pada akhir pekan (24/5) kemarin.

“Umumnya menuju Hari Raya Idul Fitri, rupiah bergerak sedikit menguat terhadap ,” papar Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, dilansir Bisnis. “Belum bisa dikonfirmasi itu sebagai sebuah tren, tetapi pengamatan chart dua terakhir, rupiah berhasil menguat. Namun logikanya, keperluan rupiah yang besar jelang libur tentu akan menguatkan mata uang.”

Sementara itu, menurut Ekonom Perfindo, Fikri C. Permana, demonstrasi hasil Pemilihan Presiden 2019 yang sempat ricuh pada 22 Mei kemarin pada akhirnya dapat dikendalikan dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat secara berlarut-larut. Kondisi ini pun turus membawa sentimen positif pada nilai tukar rupiah di akhir pekan lalu.

“Dari yield US Treasury sudah semakin rendah menyebabkan investasi di negara berkembang juga menjadi menarik untuk dilirik investor asing dan rupiah bisa terapresiasi,” sambung Fikri, dilansir Kontan. “Penurunan minyak dunia yang semakin menjauh dari level 70 dolar AS per barel juga turut menjadi sentimen positif bagi rupiah.”

Hampir senada, Direktur PT Garuda Berjangka, Ibrahim, mengatakan bahwa rupiah akan bergerak stabil sepanjang pekan ini dan berpotensi menguat karena adanya pengusaha di dalam negeri membantu pemerintah untuk menstabilkan rupiah dengan menjual dolar AS mereka. Perbankan pun juga aktif di dalam valas, sehingga mendukung pergerakan kurs rupiah dan bisa mengalami penguatan.

terus berada di pasar melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai fundamental, baik melalui intervensi valas maupun pembelian Surat Berharga Negara di pasar sekunder,” ujar Ibrahim. “Untuk awal pekan, rupiah akan bergulir di kisaran Rp14.380 hingga Rp14.465 per dolar AS.”

Loading...