Toyota FT-1 Masih Berupa Konsep, Berapa Harganya Jika Diproduksi?

Toyota FT-1 - www.caranddriver.comToyota FT-1 - www.caranddriver.com

Pada tahun 2014 lalu, dalam pameran di Detroit, memamerkan sebuah sport yang mereka beri nama FT-1. Mobil yang memiliki nama lengkap ‘Future 1’ itu dihadirkan pabrikan asal Jepang untuk menyasar segmen anak muda, termasuk mereka yang gemar bermain . Sayangnya, hingga saat ini, Toyota belum memproduksi massal mobil tersebut yang harganya diperkirakan bisa mencapai 100 ribu AS atau setara Rp1,33 miliar.

Dalam resminya, perusahaan menjelaskan bahwa Toyota FT-1 concept merupakan mobil dengan performa sport yang berfokus pada track dan dirancang oleh CALTY Design Research. Mobil ini adalah simbol untuk menangkap unsur emosi dan energi yang diharapkan dapat dilihat pada kendaraan Toyota masa depan. mobil Toyota FT-1 sendiri dipengaruhi oleh tradisi mobil sport Toyota, termasuk 2000GT, Celica, Supra, dan yang terbaru, FT-86 (Scion F-RS).

“Mobil ini mewakili tekad produsen untuk berubah, karena selama bertahun-tahun, kami mengandalkan survei dari para pelanggan dan konsesus internal dengan tujuan memproduksi kendaraan yang disukai semua orang,” kata Kepala Studio Design Toyota Amerika, Kevin Hunter. “Akibatnya, kami tidak banyak mengambil risiko dan berusaha tidak menyimpang terlalu jauh dari rancangan sebelumnya yang telah sukses.”

Hunter menambahkan bahwa saat ini, kerja desain tidak terlalu mengandalkan pada konsesus, dan para desainer serta insinyur didorong untuk mengembangkan visi kreatif dan bersemangat bagi mobilitas di masa depan. Meski demikian, jika jadi diproduksi, setidaknya butuh sekitar dua tahun sebelum Toyota FT-1 bisa tampil di showroom.

Secara tampilan, desain Toyota FT-1 sendiri cukup keren dan futuristik, yang bisa menjadi penantang serius bagi mobil sport lainnya, seperti Nissan GT-R. Memakai mesin dari BMW, FT-1 akan menggendong jantung V6 turbocharge yang didukung oleh smaller electric system dan dapat memberikan output tenaga sebesar 380 sampai dengan 410 HP. Peningkatan tenaga ini cukup masif jika dibandingkan tenaga Toyota Supra sebelumnya yang terbilang tanggung.

Menurut kabar paling anyar, Toyota Supra terbaru, yang rencananya bakal dirilis sekitar akhir tahun ini, bakal mengusung desain yang mengadopsi model FT-1 Concept. Dalam bocoran yang beredar di dunia maya, tampak bagian bumper, lampu, dan kap yang persis milik FT-1 Concept. Supra anyar ini memang layak ditunggu setelah pabrikan menghentikan produksi mobil ini sejak 14 tahun lalu.

Loading...