Tingkatkan Layanan, Amazon Jepang Bakal Operasikan 10 Ribu Kurir Independen

Amazon - asia.nikkei.comAmazon - asia.nikkei.com

TOKYO – dikabarkan bakal membangun sebuah tim yang terdiri dari 10.000 independen di wilayah Tokyo pada tahun 2020 mendatang. Rencana ini dilakukan sebagai upaya perusahaan agar terus bisa menawarkan layanan paket di hari yang sama tanpa bergantung pada perusahaan paket utama.

Diberitakan , Amazon diperkirakan akan mengirimkan sekitar 300 juta paket per tahun di Jepang, yang sekaligus mewakili 10 persen pengiriman paket door-to-door di Negeri Sakura tersebut. Langkah Amazon ini dapat membantu mempertahankan bisnis mereka sepanjang tahun dan juga membantu mengatasi persoalan kekurangan pengemudi.

Amazon memiliki setidaknya 10 pusat pengiriman di seluruh Jepang, dan menawarkan pengiriman hari yang sama di daerah perkotaan di seluruh negeri, selain pulau-pulau terpencil. Perusahaan kurir, termasuk Yamato Transport dan Japan Post, sebuah perusahaan grup Japan Post Holdings, telah menjadi pengantar paket Amazon. Sayangnya, unit Yamato Holdings, pengirim terbesar di Amazon, berencana menarik kembali skala pengiriman pada hari yang sama dan hal ini telah memaksa Amazon untuk menghapus pengiriman pada jam dua siang.

Sejumlah perusahaan lainnya, terutama yang sangat bergantung pada Yamato, juga harus mengubah jangka waktu pengiriman mereka. Askul, operator mal yang populer untuk alat tulis dan perlengkapan kantor, mengubah opsi timeslot-nya pada hari Selasa (20/6) sesuai dengan perubahan yang dilakukan oleh Yamato. Sementara, Start Today, yang mengoperasikan situs belanja pakaian yang disebut Zozotown, juga harus melakukan hal yang sama.

Rasio pekerjaan untuk pelamar pengangkut kargo di Jepang, termasuk pengemudi truk, adalah 2,01 pada tahun 2016, menurut Ministry of Health, Labor and Welfare, jauh melampaui rata-rata sektoral sebesar 1,25 sekaligus menunjukkan kekeringan yang parah. Salah satu alasannya adalah bahwa gaji pengemudi truk ini relatif rendah untuk pekerjaan berat.

Di Jepang sendiri, banyak bisnis kurir mini-truck yang dikelola oleh pemilik tunggal. Pasalnya, pengoperasian bisnis semacam tersebut dapat dimulai dengan mudah, hanya dengan memiliki satu kendaraan dan melakukan pendaftaran ke nasional. Menurut data pada bulan Maret 2016, Jepang memiliki sekitar 154.842 bisnis kurir seperti ini.

Loading...