Tingkatkan Kemampuan Baca, Berapa Biaya Les Bahasa Inggris di Kumon?

Biaya Les Bahasa Inggris di Kumon - jambi.tribunnews.comBiaya Les Bahasa Inggris di Kumon - jambi.tribunnews.com

JAKARTA – Kumon merupakan salah satu bimbingan belajar asal Jepang yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Selain mata pelajaran matematika, tempat ini ternyata juga menyediakan les yang secara umum bertujuan mengembangkan pemahaman bacaan tingkat tinggi. Untuk bisa belajar bahasa di tempat ini, peserta akan dikenakan dan biaya bulanan.

Kumon adalah belajar perseorangan, dengan level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan,” tulis Kumon dalam resmi berbahasa Indonesia. “Siswa belajar mulai dari level yang dapat dikerjakan sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan, dengan lembar kerja yang telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya.”

Menurut brosur resminya, bahasa Inggris di Kumon diberi nama EFL. Ini adalah yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan tingkat tinggi. ini telah didesain untuk siswa yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris dan disusun secara saksama untuk menanamkan kesenangan membaca dalam bahasa Inggris.

“Program EFL terdiri dari 21 level. Untuk membuat siswa dapat membaca dengan mandiri, maka program ini telah disusun agar siswa bisa melihat ke CD textbook sambil mendengarkan suara dalam bahasa Inggris yang terdapat di dalam CD,” sambung Kumon. “Di dalam CD textbook, terdapat terjemahan dalam bahasa ibu untuk kata-kata bahasa Inggris.”

Seperti diuraikan di atas, untuk bisa les bahasa Inggris di Kumon, siswa akan dikenakan biaya registrasi dan biaya kursus bulanan. Biaya registrasi sebesar Rp280.00 untuk area 1 dan area 2, serta Rp250.000 untuk area 3. Sementara, biaya bulanan mulai Rp320.000 hingga Rp420.000 untuk prasekolah sampai SD atau Rp370.000 hingga Rp470.000 untuk SMP dan SMA.

Area 1 sendiri mencakup wilayah Banten, Jabodetabek, dan Karawang. Sementara, area 2 adalah Bali, Bangka Belitung, Batam, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Terakhir, area 3 meliputi Aceh, Yogyakarta, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Lombok, Riau, dan Sumatera Barat.

Loading...