Tingkatkan Daya Tarik Pasar, Harga Kemasan Paper Metal Mulai Rp850

Harga, kemasan, paper, metal, packaging, produk, ukuran, jenis, UKM, pelaku, usaha, bidang, makanan, standing, gusset, pouch, center, seal, three, side, four, sachet, satuan, jumlah, daya, tarik, nilai, menjual, bermutu, penjualan, ekonomis, premium, aluminium, foil, snack, metalize, pasar,Contoh kemasan produk dengan metal paper (abdeko.ning.com)

Bagi pelaku khususnya UKM bidang kemasan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Selain untuk menjaga kualitas ketahanan , kemasan juga berfungsi sebagai daya tarik , di mana semakin bagus kemasan semakin besar pula peluang dan menjadikan nilai produk lebih bermutu dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu kemasan yang banyak dijadikan pilihan adalah paper metal packaging.

Kemasan produk menjadi salah satu unsur penting yang mempengaruhi banyaknya permintaan konsumen dan banyaknya terhadap produk UKM. Hal ini pula yang dirasakan salah satu pelaku UKM asal Bandung, Asep Candra, yang tengah merintis usaha abon sapi merek Bon Garoet.

Diakui Asep, perubahan pada kemasan produk abon sapi miliknya memiliki dampak yang sangat signifikan. Asep, yang selama ini menjual abon sapi dengan sistem keagenan dan reseller, mengaku kebanjiran order setelah dua kali mengubah konsep kemasan produknya. “Penjualan bisa meningkat tajam dan produk lebih dapat diterima oleh konsumen karena mereka suka dengan kemasan yang menarik dan tentunya lebih higienis,” ujar Asep kepada Kompas.

Paper metal packaging atau kemasan paper metal adalah kemasan yang terbuat dari bahan kertas full color yang dilapisi oleh plastik metalize/alumunium foil di bagian dalamnya.
Hasilnya adalah kemasan dengan penampilan yang menarik dan bernilai jual tinggi, memiliki keamanan pangan yang baik, dan yang terpenting, bisa dibuat dengan jumlah minimum order yang sedikit.

Kemasan paper metal tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, seperti standing pouch, gusset pouch, pouch bag (center seal), dan sachet (four side seal), dan lainnya. Harga paper metal packaging beragam, tergantung ukuran dan jenis yang dipilih. Misalnya untuk standing pouch ukuran 10x17cm dijual dengan harga Rp1.750, center seal ukuran 16x24cm ditawarkan seharga Rp2 ribuan, atau three side seal ukuran 9x12cm dijual dengan harga Rp850.

Selain premium, biasanya juga dijual jenis kemasan paper metal ekonomis yang tentu harganya lebih murah. Bentuk kemasan standing pouch 12x20cm biasa dijual mulai Rp1.050, three side seal ekonomis ukuran 14x22cm dijual Rp1.400, serta center seal 12x20cm kerap dijual dengan harga Rp1.450. Jika konsumen membeli dengan jumlah yang lebih banyak, maka harga satuannya pun akan semakin murah.

Kemasan cetak bisa full color dengan bahan papermetal ini menjadi solusi jitu bagi UKM, karena jumlah minimal order rendah dibandingkan dengan cetak rotogravure yang bisa memakan investasi puluhan juta rupiah, belum beban silinder film seharga belasan juta rupiah. Selain itu, dapat melindungi produk dengan maksimal karena struktur bahan yang memadai untuk kemasan makanan (food grade).

Alasan lainnya adalah estimasi waktu relatif lebih cepat daripada cetakan rotogravure, tampilan menarik, full color, dan dapat difinishing laminasi glossy (clear) maupun doff (matte), serta bentuk kantong bisa fleksibel, seperti standing pouch, center seal bag, three side seal bag, maupun gusset.

Loading...