Tinggi Lemak Tak Jenuh, Harga 1 Kg Ikan Patin Rp18 Ribuan

Ikan Patin - kumparan.com

patin merupakan salah satu jenis tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat , selain ikan gabus, ikan mujair, ikan lele, ikan gurami, dan ikan mas. Memiliki lemak tak jenuh mencapai 50 persen dari total keseluruhan nilai gizi, ikan ini sangat cocok dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa. Di , 1 kg ikan patin sekarang dijual di kisaran harga Rp18 ribuan.

Sebelumnya, harga ikan patin di pasaran Indonesia sempat jatuh selama tiga tahun. Kala itu, ikan ini hanya dilepas dengan harga Rp13 ribuan per kilogram. Namun, saat ini, harga ikan patin tergolong stabil di rentang Rp18 ribuan per kilogram, karena stok ikan patin sekarang bisa lebih terjaga, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu ‘kebanjiran’.

“Alhamdulillah, sudah enam bulan ini harga ikan patin bagus setelah sebelumnya jatuh ke angka Rp13 ribuan per kilogram,” kata Abdul Wahab, salah satu peternak ikan patin di Desa Penggalaman, Martapura. “Salah satu faktor penyebab naiknya harga ikan patin adalah adanya bantuan penjualan ikan ke Pulau Jawa.”

Wahab melanjutkan, setiap bulannya, ada empat kali pengiriman ikan patin yang dihasilkan petani pembudidaya ikan di Kabupaten Banjar ke Pulau Jawa. Untuk sekali kirim, bisa mencapai empat ton ikan patin. Akibatnya, ‘banjir’ ikan patin yang biasa terjadi ketika panen pun tidak terjadi lagi sehingga harga bisa stabil. “Sejak saat itu, harga ikan patin mulai naik hingga Rp18 ribuan per kilogram,” tuturnya.

Sebenarnya, ikan patin tidak hanya berasal dari luar Pulau Jawa. Beberapa daerah di Jawa juga mulai banyak yang membudidayakan ikan yang satu ini, salah satunya berkat aturan tegas dalam membatasi impor ikan patin dari Vietnam. Kondisi tersebut yang membuat peternak ikan patin bergairah dan memberikan penghasilan yang lebih besar bagi mereka.

“Meski demikian, ikan patin yang ada saat ini belum sanggup untuk memenuhi konsumsi nasional,” jelas Kepala Dinas Perikanan Tulungagung, Tatang Suhartono, seperti dikutip Swa. “Karena itu, kami perlu meningkatkan (ikan patin) dari petani untuk bisa mendukung industri pengolahan patin.”

Loading...