Tiket Masuk Rp 8 Ribuan, Kaligua Suguhkan Pemandangan Kebun Teh Yang Indah di Brebes

Tiket Masuk Rp 8 Ribuan, Kaligua Suguhkan Pemandangan Kebun Teh Yang Indah di Brebes

Agrowisata Kaligua merupakan salah satu tempat perkebunan yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kaligua dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (IX) Jawa Tengah dan menghasilkan teh hitam (black tea) dengan merek dagang Kaligua yang dikemas dalam kemasan teh celup dan bubuk. masuk ke Kaligua pun cukup murah, hanya sekitar Rp 8 ribuan saja per orang, pengunjung bisa berkeliling area perkebunan teh sambil menikmati hawa sejuk di sana.

Keberadaan Kebun Teh Kaligua sendiri kabarnya sudah dibuka sejak tahun 1889 silam oleh seorang warga Belanda bernama Van De Jong. Saat berada di Kaligua, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan teh hitam dan teh serbuk yang masih aktif diproduksi sampai saat ini. Menariknya, pengunjung pun bisa membawa pulang teh Kaligua sebagai oleh-oleh.

Karena Kaligua yang berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di ketinggian 1.200-2.000 meter di atas permukaan laut, maka suhu di area agro wisata ini terasa begitu dingin, yakni berkisar 5-20 derajat celsius. Tak heran bila kawasan Kaligua terkadang bisa tertutup oleh kabut tebal pada sore hari. Jika terus berjalan ke area puncaknya, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dari ketinggian berupa Gunung Slamet dan hijaunya hamparan perkebunan teh.

Selain berkeliling di area kebun teh, pengunjung juga bisa menikmati sejumlah lokasi wisata lain yakni Tuk Bening yang dikenal sebagai sumber mata air abadi yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Saat berkunjung ke Kaligua, wisatawan biasanya tak lupa untuk meminum langsung air dari Tuk Bening sembari membasuhkannya ke muka.

“Kami serombongan baru pertama kali ke sini, kata teman di sini sangat enak buat refreshing, alamnya sejuk, ada mata air abadi Tuk Bening, serta berbagai macam lokasi wisata, akhirnya saya memutuskan untuk mengagendakan liburan kantor untuk mengunjungi Kebun Teh Kaligua,” ujar salah satu pengunjung asal Purbalingga bernama Sugono, seperti dilansir Cendananews.

Di Kaligua pun tersedia fasilitas lain seperti bermain -anak, patung binatang-binatang yang dapat dinaiki -anak, pos pengamatan untuk memandang seluruh lokasi dari ketinggian, dan sebagainya. Kaligua juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan outbound maupun camping bersama . Apalagi karena di sana juga banyak spot menarik untuk berfoto ria.

Loading...