Tidak Memakan Waktu Lama, Biaya Scaling Karang Gigi Terbilang Variatif

biaya, scalling, karang, gigi, atas, bawah, plak, sisa, makanan, sikat, kebiasaan, rutin, bervariasi, klinik, dokter, dua, kali, sehari, bersih, mulai, dari, Rp 200, ribu, Rp 600, tebal, waktu, resep, scalingIlustrasi: pemeriksaan karang gigi

Kebiasaan menggosok gigi dua kali sehari dianggap bisa membuat gigi bersih tanpa khawatir akan adanya . Pendapat itu ternyata kurang tepat. Walaupun sudah disikat secara rutin, permukaan gigi bisa saja tidak benar-benar bersih.

Permukaan gigi yang tidak betul-betul bersih itu bahkan bisa terjadi sesaat setelah Anda selesai menyikat gigi. Lapisan tipis yang disebut dengan biofirm akan terbentuk setelah gigi selesai dibersihkan dengan sikat gigi. Lapisan tipis itu mengandung mikroorganisme (yang bersifat baik dan jahat) dalam jumlah banyak. Mikroorganisme itu akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut dengan gigi.

Setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, plak akan matang, mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Untuk membersihkan karang gigi, Anda perlu melakukan scaling di gigi. scaling bervariasi, bisa mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 600 ribuan untuk gigi atas dan bawah. Bahkan ada beberapa gigi atau dokter gigi yang mematok lebih murah atau mahal.

Mengapa Anda disarankan melakukan scaling gigi? Menurut drg. Jessica Godjali, “Saat Anda sikat gigi, pasti sisa makanan masih tersisa seperti di bagian belakang. Oleh karena sisa makanan ini menetap dalam jangka waktunya yang lama, dan mengeras menempel di gigi, maka jadilah karang gigi. Semakin tebal karangnya, akan menekan dan membuat menjadi radang dan berdarah,” ujarnya.
Menurutnya membersihkan gigi secara menyeluruh bertujuan untuk menciptakan gigi dan gusi yang sehat serta menghindarkan gigi dari bau mulut. Dikarenakan karang gigi yang menetap lama bisa menyebabkan bau mulut.

Hal pertama yang dilakukan ketika scaling adalah dokter gigi akan memeriksa sebanyak apa karang gigi Anda, apakah ada yang sudah menghitam atau menguning. Setelah itu, baru akan dilakukan pembersihan karang yang memakan waktu tidak begitu lama yaitu sekitar 20-30 menit. Namun, jika karang gigi berjumlah sedikit, waktu pembersihan atau scaling mungkin hanya memakan waktu 15 menit. Setelah dibersihkan, Anda akan diberi kumur supaya gigi lebih bersih.

Walaupun membawa manfaat, scaling gigi mungkin masih menjadi sesuatu yang menakutkan bagi beberapa orang. Alasannya adalah karena takut akan sakit yang mungkin dirasakan. “Jika karang giginya banyak, gigi akan ngilu paling lama seminggu. Apabila merasa linu, sebaiknya menggunakan pasta gigi gigi sensitif, serta obat kumur yang diresepkan dokter. Setelah seminggu, gigi tidak akan linu lagi karena karang gigi sudah terangkat,” tutur drg. Jessica.

Loading...