Tersedia dalam Ukuran dan Tebal Beragam, Harga Triplek Plywood Dijual Mulai Rp 50 Ribuan

Triplek Plywood - www.tokopedia.comTriplek Plywood - www.tokopedia.com

lapis atau yang kerap disebut dengan tripleks saat ini banyak digunakan sebagai perabotan rumah tangga, mulai dari lemari, kursi, meja, dan perabot lainnya. Triplek atau plywood adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan (veneer ) yang direkatkan bersama-sama. Triplek biasanya terdiri dari 3 lapis , oleh sebab itu dinamai triplek. Sedangkan untuk lapis yang terdiri lebih dari 3 lapisan biasanya disebut multipleks. dan triplek plywood ini biasanya bermacam-macam, tergantung kualitasnya.

Sebagai contoh, triplek plywood untuk keperluan konstruksi dan packing ukuran 1220 mm x 2440 mm dengan tebal 8 mm albasia jual mulai dari Rp 95 ribu, kemudian ada pula yang tebalnya 9mm seharga Rp 95-105 ribu, 12 mm seharga Rp 130-180 ribu per lembar, 15 mm Rp 215 ribu, dan 18 mm seharga Rp 245 ribu per lembar.

Sedangkan harga triplek plywood untuk furniture dengan ukuran 1220 x 2440 mm tebal 3 mm albasia Rp 50 ribu per lembar, tebal 4 mm harganya Rp 60 ribu, 5 mm Rp 70 ribu, 9 mm Rp 115 ribu, 12 mm Rp 145-155 ribuan, 15 mm Rp 190-200 ribu, dan yang tebalnya 18 mm seharga Rp 210-220 ribu per lembar.

Jika dibandingkan dengan kayu solid, harga triplek plywood relatif lebih murah. Meski tidak sekuat kayu solid, triplek plywood menawarkan sejumlah kelebihan. “Triplek mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi terhadap penyusutan, sehingga bentuk dan ukurannya tidak gampang berubah,” demikian seperti dilansir Arsitag.

Triplek juga disebut-sebut memiliki sifat anti air atau tahan terhadap air dibandingkan jenis kayu lainnya, karena triplek memiliki lapisan keras yang menyelubungi permukaannya. Triplek biasanya disediakan dalam berbagai ukuran dan ketebalan, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih ukuran mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Meski demikian, triplek plywood juga tidak luput dari kekurangan. Kayu lapis satu ini terkadang masih ada yang memiliki permukaan kurang halus dan bergelombang. finishing pada triplek juga lebih rumit karena membutuhkan ketelitian tinggi supaya hasilnya sempurna.

Loading...