Tersedia Dalam Open & Closed Circuit, Harga Tabung Oksigen Untuk Menyelam Bervariasi

harga, tabung, oksigen, untuk, menyelam, pernapasan, kapasitas, di, bawah, air, diving, instruksi, berlatih, penyegaran, waktu, normal, kesalahan, tenang, metode, open, closed, circuitPenyelam dengan perlengkapan tabung oksigen (sumber: padi.com)

atau merupakan salah satu kegiatan yang diminati oleh sebagian orang. Terlebih ketika dilakukan di tempat-tempat yang menarik dengan tujuan melihat keindahan di bawah laut. Sebelum menyelam, Anda memerlukan beberapa seperti tabung .

Tabung oksigen dulunya berbentuk kecil dan sederhana, diperkirakan mampu menampung udara hingga 200 atm. Dengan kapasitas itu, penyelam dapat berada di bawah air lebih dari satu jam pada kedalaman tertentu.

Tetapi, kini, tabung oksigen yang banyak dijual di lebih modern, yaitu menggunakan sistem open circuit. Artinya, Anda bernapas dengan mulut kemudian oksigen akan dialirkan dari tabung ke selang dan ke mulut, lalu karbon dioksida atau CO2 akan dikeluarkan ke air sehingga nanti ada gelembung yang keluar. Selain open circuit, ada pula closed circuit, yang caranya yaitu CO2 akan dialirkan lagi ke dalam tabung dan difilter agar bisa menjadi oksigen dan digunakan untuk bernapas kembali.

Di pasaran, tabung oksigen dijual dengan bervariasi, mulai dari Rp 300 ribuan per unit hingga Rp 2 jutaan per unit, atau bisa saja lebih mahal. Anda bisa membeli tabung oksigen secara online maupun offline.

Sebelum melakukan kegiatan menyelam, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dive Master Aceh Diving Community, Teuku Indra Patra mengatakan bahwa para penyelam tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun, termasuk wajib sudah beristirahat cukup sebelum menyelam. Tidak sedikit penyelam yang mengabaikan syarat ini, sehingga membuat tubuh mereka bermasalah, seperti pendarahan dari hidung. “Harus istirahat cukup sebelum aktivitas, minimal lima jam tidur,” kata pria yang akrab disapa Pipi.

Selain itu, para penyelam kerap melupakan penyegaran. Aktivitas itu memerlukan waktu selama 15 menit dilakukan untuk beberapa penyelam yang sudah berbulan-bulan tidak menyelam. Kesalahan lain yang bisa terjadi adalah meninggalkan tim. Menurut Pipi, setiap penyelam setidaknya harus tandem dengan satu penyelam lain. “Tandem itu berfungsi untuk memerhatikan , saling menjaga satu sama lain. Kalau oksigen ada apa-apa, kan Anda tidak tahu, yang tahu teman Anda,” kata Pipi.

Kesalahan lainnya adalah boros pernapasan karena terlalu cepat bernapas. Akibatnya akan sulit tenggelam dan persediaan oksigen yang cepat habis. “Kalau tabung penuh berisi 200-220 bar, untuk kedalaman 15 meter, akan habis 40 menit bila pernapasan normal. Sementara kalau untuk napas cepat, akan habis sekitar 25-30 menit,” katanya. Sebelum menyelam di laut, Anda juga disarankan untuk banyak berlatih. Semakin sering berlatih, Anda pun akan semakin nyaman di bawah air. Dengan begitu, Anda menjadi lebih tenang dan tidak mudah panik saat menyelam.

Tetapi, di Bali, menyelam ternyata bisa dilakukan tanpa menggunakan tabung oksigen. Kegiatan itu dinamakan Sea Walker atau C Walker, yang merupakan permainan berjalan di laut sedalam 4 hingga 7 meter.

Peserta dalam permainan itu akan diberi helm kedap air yang dilengkapi selang untuk mengalirkan oksigen. Untuk sukses melakukan kegiatan itu, kunci utamanya adalah tenang dan bernapas sesuai instruksi.

Loading...