Tersedia dalam Berbagai Ukuran, Harga Tabung Oksigen untuk Las Karbit Mulai Rp 500 Ribuan

Tabung Oksigen Las Karbit - maskurmuslim.blogspot.comTabung Oksigen Las Karbit - maskurmuslim.blogspot.com

Las karbit mungkin bisa dibilang sebagai pekerjaan yang membutuhkan keterampilan karena cukup berisiko jika tidak dilakukan secara hati-hati. Namun dari pekerjaan yang bermodalkan oksigen dan seperangkat pengelasan lengkap ini ternyata bisa menghasilkan banyak keuntungan, entah itu di bidang otomotif, , hingga pengolahan limbah elektronik.

Hal ini diakui oleh seorang pria asal Citayam, Depok, Jawa Barat bernama Shandra Setiawan yang berhasil mengolah berbagai bangkai telepon genggam dan komputer. Menurut Shandra yang telah menekuni pekerjaan pengolahan limbah elektronik selama 10 tahun ini, lempengan besi prosesor telepon genggam dan komputer ternyata bisa diolah menjadi emas murni yang memiliki tinggi. “Malah emas yang dari bahan elektronik ini lebih murni dari yang biasa ada di . Ini kadar emasnya 99 persen,” ujar Shandra, Rabu (30/5/2018), seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Shandra menjelaskan, proses menyulap barang elektronik jadi emas murni itu melalui berbagai tahapan, mulai dari membongkar ‘jeroan’ dari barang elektronik tersebut sampai mendapatkan lempengan besi atau prosesor, lalu komponen dari lempengan besi itu akan dibakar dengan las. “Dari prosesor itu pakai timah ditaruh di mangkok dan api kayak las karbit. Dipanasin begitu, dibakar lalu dicelupin ke timah panas,” bebernya.

Usai dicelupkan ke dalam timah panas, nantinya akan muncul unsur-unsur emas dari benda tersebut. Bahkan ada pula yang mengeluarkan unsur lain seperti kandungan perak dan tembaga. Lalu kandungan emas yang muncul dilebur dengan zat kimia bernama netrit dan jadilah logam emas berbentuk bulat yang bisa ke toko-toko emas.

Menurut Shandra, hampir semua limbah barang elektronik dapat diolah lagi menjadi emas, misalnya handphone (hp), komputer, sampai modem internet. “Bisa semuanya cuma kandungan kadarnya berbeda-beda. Kadarnya yang paling bagus itu ya dari (telepon genggam) Nokia jadul,” ucapnya.

Untuk memulai bisnis semacam ini, tentunya butuh seperti las karbit agar bisa mencoba melebur limbah elektronik. Harga tabung oksigen las karbit sendiri dijual bervariasi, tergantung ukurannya, apakah kecil, sedang, atau besar. Sebagai informasi, harga tabung oksigen untuk las karbit ukuran 1 meter kubik (m3) mulai Rp 500 ribuan, ukuran 1,5 m3 mulai Rp 750 ribu, ukuran 2 m3 mulai Rp 850 ribuan, dan 6 m3 mulai Rp 1,35 juta. Sedangkan untuk isi ulang tabung cukup murah, tarif atau biayanya mulai Rp 15-75 ribuan saja. Jika keberatan membeli tabung kondisi baru, ada juga paket tabung oksigen las karbit bekas dengan harga mulai Rp 2,7 jutaan.

Loading...