Tersedia Dalam Berbagai Ukuran, Harga Kue Lapis Legit Monica Dianggap Masih Terjangkau

kue, lapis, legit, monica, terjangkau, ukuran, gram, 1200, 600, jajaran, sedunia, golden, inovasi, layer, cake, rasa, manis, bolu, puding, harum, khas, loyang, gula, susu, telur, keturunan, TionghoaCara penyajian kue lapis legit (Instagram: @icipicipkuliner)

lapis, seperti namanya memiliki bentuk berlapis-lapis. Rasanya terbilang legit dengan tekstur yang lembut. Dulu, dijual dengan mahal, karena -bahan yang digunakan seperti mentega, susu, telur merupakan impor dari Belanda. Pada saat itu, hanya penguasa dan golongan ningrat yang bisa memakannya.

Kini, seiring berjalannya waktu, kue lapis bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Bahkan, kue tersebut masuk dalam jajaran kue-kue yang memiliki rasa enak sedunia. Kue lapis legit berada di antara Baklava dari Turki dan Swedish Princess Cake (Prinsesstarta) dari Swedia.

Di , kue lapis bisa Anda temui dengan cukup mudah. Salah satu kue lapis legit yang sudah cukup dikenal adalah Kue Lapis Monica. Kue lapis tersebut tersedia dalam berbagai ukuran. Harga jualnya dianggap masih terjangkau. Untuk ukuran 600 gram, kue tersebut dijual dengan harga Rp 47.900. Sedangkan, ukuran 1.200 gram, kue lapis tersebut dijual dengan harga sekitar Rp 76.000-96.000.

Selain memiliki cita rasa kue yang khas, kue lapis ternyata memiliki nilai sejarah tersendiri bagi warga keturunan Tionghoa. “Kue lapis mempunyai arti agar rezeki yang datang berlapis-lapis dan tumpang tindih seperti kuenya, sehingga yang makan kue tersebut mengalami hidup yang legit dan manis seperti kuenya,” ujar Desi, salah seorang penduduk keturunan Tionghoa.

Ia pun menambahkan bahwa kue lapis adalah doa agar rezeki datang berlimpah ruah sehingga hidup bahagia di tahun mendatang. Kepercayaan tersebut sudah dilestarikan secara turun temurun.

Tidak hanya kue lapis seperti pada umumnya, kini, kue tersebut sudah banyak inovasinya. Seperti kue lapis Nyonya’s Heritage. “Kami ingin menciptakan kue yang kekinian, bertujuan agar masyarakat tidak melupakan kue lapis legit maka kita berinovasi dengan cara mengombinasikan kue lapis legit dan golden layer cake,” kata pemilik Nyonya’s Heritage, Zelly Tameila.

Diusung dengan nama Golden Layer Cake, kue lapis inovasi baru dari Nyonya’s Heritage ini terdiri dari delapan lapisan kue lapis tradisional pada bagian atas. Di lapisan bawah terdapat kue dengan tekstur yang menyerupai puding, namun lebih garing. Lapisan tersebut yang disebut golden layer. Zelly, sang pemilik menyebut nama kue Golden Layer Cake terinspirasi dari lapisan bawah yang bewarna keemasan. Pembaruan teknik memanggang juga membuat kue lapis ini menjadi berbeda.

Saat dikeluarkan dari pemanggang, harum khas kue lapis langsung menyeruak, dengan penampakan kue kuning cantik keemasan. “Rasanya enak tetapi agak terlalu manis. Kalau dipadukan, keduanya (bolu lapis dan golden layer) sepertinya jadi terlalu berat,” kata Caroline, salah seorang yang mencoba Golden Layer Cake.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Golden Layer Cake sendiri terdiri dari telur, butter, wijsman, , dan susu. Saat ini Golden Layer Cake masih dibuat sendiri dengan sistem pemesanan, sedangkan siap hanya dijual saat ada bazaar. Golden Layer Cake tersedia dalam dua ukuran, loyang besar ukuran 20 cm x 20 cm dihargai Rp 800.000, ukuran mini 10 cm x10 cm dihargai Rp 200.000.

Loading...