Tersedia dalam Berbagai Ukuran, Harga Besi H Beam per Kg Mulai Rp 15 Ribu

Besi H Beam - solusikonstruksi.comBesi H Beam - solusikonstruksi.com

Dalam , penggunaan besi baja seperti besi H-beam atau besi WF (Wide Flange) memang sudah cukup umum. Meskipun sama-sama besi, ternyata besi H beam dan besi WF memiliki perbedaan dari segi tekanan dan . Besi H beam atau yang kerap disebut habim adalah sebuah balok baja yang dalam istilah Bahasa Inggris dikenal dengan Hot Rolled. Sesuai dengan namanya, besi ini berbentuk menyerupai huruf H yang lebar dan kerap digunakan dalam konstruksi gedung, jembatan, dan sebagainya.

Besi H beam biasanya digunakan sebagai pasangan dari baja profil WF dan bisa dijadikan kolom atau tiang pada struktur gedung. Besi H beam dilengkapi dimensi lebar dan kuping yang sama, namun pada besi WF bedanya ada pada bagian kuping yang berukuran lebih lebar. Pada besi H beam, dimensinya biasanya sama, yakni 100 x 100 mm, sedangkan pada besi WF dimensinya berbeda, misalnya 200 x 100 mm.

Besi H-beam biasanya per batang atau per kilogram (kg). Harga besi H beam per kg berkisar mulai Rp 15 ribuan, sedangkan untuk harga per batang antara Rp 4 ribuan hingga Rp 23 ribuan, tergantung ukurannya. Besi H beam memiliki ukuran yang cukup variatif, mulai dari 150 x 150 x 7 x 10 mm hingga yang ukurannya paling besar mencapai 400 x 400 x 13 x 21 mm. Akan tetapi perlu diingat jika harga besi h beam per kg bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu mengikuti fluktuasi .

Jika penggunaan besi H beam baru dirasa terlalu mahal, beberapa orang biasanya memutuskan untuk membeli besi H beam bekas alias second. Dibandingkan yang kondisinya masih baru, besi H beam bekas kabarnya memang relatif lebih murah. “Memang tidak sedikit yang masih memiliki daya tahan yang bagus, tapi jangka waktunya tidak sama dengan Anda membeli yang baru,” kata salah satu penjual besi H beam bekas.

Produk besi H beam bisa ditemui dengan mudah di toko-toko bangunan. Namun ada juga beberapa penjual besi H beam yang memasarkan produknya secara online, sehingga bisa dipesan oleh para konsumen tanpa harus datang ke lokasi. Namun harga besi H beam per kg di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...