Tersedia Dalam Berbagai Merek, Harga FD (Flashdisk) Kapasitas 64GB Dijual Mulai Rp 150.000

Flashdisk - (Sumber: tokopedia.com)Flashdisk - (Sumber: tokopedia.com)

Flashdisk merupakan salah satu benda yang bermanfaat. Penemuannya menjadikan manusia zaman sekarang tidak perlu bingung untuk mencari tempat menyimpan data, seperti file, foto, video, dan lain-lain. FD (flashdisk) juga tersedia dalam banyak ukuran, mulai dari 1GB, 2GB, atau 64GB.

FD (flashdisk) kapasitas 64GB berbagai merek dijual mulai dari Rp 150.000 dengan merek Toshiba. Untuk merek lain seperti Kingston (Rp 235.000-700.000), SanDisk (Rp 226.180-590.950). Anda dapat membelinya melalui pembelian online maupun langsung di tokonya.

Sebagai salah satu merek flashdisk yang cukup diperhitungkan, SanDisk memperkenalkan produk baru di tahun ini. Pabrikan yang kini bernaung di bawah Western Digital ini meresmikan Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive.

Flashdisk yang bersangkutan diklaim terkencang dengan kecepatan baca hingga 420 megabyte per detik (MBps) dan kecepatan tulis hingga 380 MBps. Dengan kecepatan setinggi itu, Sandisk mengklaim Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive bisa digunakan mentransfer film 4K berdurasi penuh dalam waktu kurang dari 15 detik.

Sandisk berencana mulai menjual Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive bulan ini dengan banderol 180 dollar AS (Rp 2,4 juta) untuk versi 256 GB. Ada juga 128 GB yang dihargai 80 dollar AS (Rp 1,1 juta).

Interface USB 3.1 sendiri memiliki kecepatan teoritis maksimum sebesar 10 gigabit per detik (Gbps) atau 1,25 gigabyte per detik (GBps). Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive menyasar pengguna dari kalangan profesional kereatif, penyuka , dan siapapun yang sering memindah-mindahkan file berukuran besar.

“Gabungan performa SSD (solid state drive) dan faktor bentuk USB yang ringkas memberikan kinerja dan kenyamanan maksimal untuk memindahkan file secara mudah dan cepat,” sebut Vice President Western Digital Client Solution Business, Sven Rathjen

Sebelumnya, SanDisk telah mengeluarkan flashdisk dengan kapasitas 128 GB, yaitu SanDisk Ultra Fair USB 3 dengan casing logam alumunium dan bodi ramping. Flashdisk ini diklaim memiliki kecepatan ultra, menawarkan kecepatan baca hingga 150MB/s.

“Sebagai dalam industri penyimpanan flash, tujuan SanDisk adalah untuk terus menciptakan dan menyediakan produk yang dapat diandalkan,” kata Idris Effendi, Country Manager Indonesia, Sandisk Corporation.

Mengenai kapasitas gigabyte dalam flashdisk, sebenarnya yang tertera dalam kemasan tidak benar-benar full. Misalnya, flashdisk 64 GB ternyata isinya tidak mencapai angka itu. Mengapa demikian?

Pertama, mengenai definisi megabyte (MB) atau gigabyte (GB) antara dan media penyimpanan tidak benar-benar sama. Sebagai gambaran, sebuah komputer mendeteksi 1 KB sama dengan 1024 B, dan 1 MB sama dengan 1.024 KB. Jadi, 1 MB (1 juta B) di komputer terhitung 1.048.576 B.

Agar kapasitas suatu media penyimpanan terukur sama atau mendekati, misalnya untuk kapasitas 32 GB di komputer, Anda harus mengalikan angka-angka tadi, hingga pada akhirnya menemukan bahwa 32 GB sama di komputer dengan 34.359.738.268 B.

Loading...