Tersedia Dalam Berbagai Jenis & Merk, Harga Alat Bantu Dengar Bisa Mencapai Jutaan Rupiah

Alat Bantu Dengar - www.alodokter.comAlat Bantu Dengar - www.alodokter.com

Berkat kemajuan , orang-orang yang menderita gangguan pendengaran atau tuli kini tak sepenuhnya kehilangan kesempatan untuk mendengarkan suara. Pasalnya sudah ada berbagai bantu dengar (hearing aid) yang cukup membantu mereka untuk mendengarkan berbagai bunyi-bunyian di sekitarnya. bantu dengar pun terdiri dari jenis analog dan . Harga bantu dengar digital memang biasanya lebih mahal dari yang analog, meski demikian ini biasanya cukup disukai oleh para gangguan pendengaran.

Jika diklasifikasikan berdasarkan modelnya, alat bantu dengar terdiri dari 5 macam, yakni Receiver in Canal (RIC) dengan posisi speaker dalam liang telinga, Receiver in The Ear (RITE) dengan posisi speaker di telinga, Behind The Ear (BTE) yang ada di belakang telinga, Completely in Canal (CIC) yang ada di dalam liang telinga, In The Canal (ITC) atau In The Ear (ITE) yakni posisinya di dalam telinga.

Merk-merk alat bantu dengar kini pun makin bervariasi. Selain dijual di -toko besar seperti Optik Melawai, hearing aid juga banyak dijual secara online di berbagai situs e-commerce yang ada di Indonesia. Untuk varian alat bantu dengar digital, merek yang ditawarkan ada bermacam-macam, misalnya saja seperti Xonmed, Axon, Harmed, Great Nordic, dan masih banyak lagi.

Sebagai , harga alat bantu dengar digital merk Xonmed biasanya dijual sekitar Rp 600 ribuan, merek Axon harganya juga berkisar Rp 600 ribuan, kemudian merek Harmed relatif lebih murah sekitar Rp 215 ribuan, serta yang paling mahal adalah merek Great Nordic yang merupakan produk alat bantu dengar digital buatan Denmark dengan harga antara Rp 6-29 jutaan. Beberapa kalangan yang tak mampu biasanya mencari pertolongan dari -lembaga setempat agar bisa mendapat alat bantu dengar (ABD) secara gratis.

Selain menggunakan alat bantu dengar, ada pula alternatif pemasangan implan koklea yang bisa menjadi salah satu langkah untuk mengatasi gangguan pendengaran terutama pada anak-anak. Pasalnya anak yang menderita tuli berat biasanya tak bisa lagi dibantu dengan hearing aid.

“Kalau diibaratkan karaoke set, koklea fungsinya seperti mikrofon yang menangkap energi suara diubah menjadi listrik, lalu ada kabel, speaker itu ada di kepala kita atau otak,” kata Dokter dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan, Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI Harim Priyono, SpTHT-KL (K), seperti dilansir Kompas.

Meski diklaim relatif aman untuk dilakukan anak-anak usia mulai 12 bulan, nyatanya biasa operasi pemasangan koklea di Indonesia saat ini masih relatif mahal. Untuk satu set implan bagian dalam maupun luar harganya berkisar Rp 150-400 juta. Sedangkan operasi pemasangannya saja bisa mencapai Rp 40-60 juta, karena termasuk jenis operasi khusus di RSCM.

Loading...