Tersedia Berbagai Ukuran, Harga Pipa PVC Maspion 4 inch Bervariasi

pipa, pvc, maspion, merek, brand, ukuran, berbagai, diameter, nominal, dan, outside, inch, mm, panjang, 4, 6, meter, air, tekanan, sambungan, gangguan, kesehatan, timbal, sistem, irigasiPipa PVC (home.co.id)

Polyvinyl chloride (PVC) adalah yang terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak gampang dirusak. PVC juga tidak berkarat atau membusuk. Oleh karena itu, PVC ini paling sering digunakan dalam sistem /perairan dan pelindung kabel.

Pipa PVC tersedia dari berbagai merek atau brand. Salah satunya adalah Maspion. Pipa PVC Maspion ada di pasaran dalam berbagai diameter (nominal dan outside) dan dijual dengan harga berbeda-beda. Misalnya untuk 4 inch, dengan outside 14mm panjang 4 meter dijual dengan harga Rp 313.040, panjang 6 meter harganya Rp 469.560, dan lainnya.

Selain tersedia dalam berbagai ukuran, pipa pvc Maspion juga tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari AW, D, dan C. Jenis AW biasanya yang paling tebal, dipakai untuk perairan yang memiliki tekanan seperti pompa. Lalu, jenis D tidak terlalu tebal, biasanya untuk tekanan tidak terlalu besar atau bisa dipakai untuk saluran pembuangan. Dan, jenis C merupakan pipa yang paling tipis, biasanya untuk buangan air, dan tidak bisa untuk tekanan.

Dalam penggunaannya, pipa untuk instalasi air memiliki kontribusi terhadap pencemaran air yang dikonsumsi sehari-hari. Dikarenakan, sebagian besar pipa yang beredar di pasaran dianggap mengandung timbal atau timah hitam sebagai bahan antikorosi.

”Sedikit sekali yang peduli dengan pipa untuk instalasi air apakah mengandung timbal atau sebaliknya bebas timbal. Timbal jelas berbahaya bagi kesehatan jangka panjang karena memicu berbagai penyakit,” terang Septian, Product Specifier Power.

Gangguan kesehatan yang bisa diakibatkan oleh timbal antara lain gangguan saraf, ginjal, hingga sistem reproduksi dan fungsi paru-paru. Bahkan, anak-anak pun rentan terhadap dampak timbal. Paparan logam berat tersebut dapat membuat mereka mengalami gangguan pada fase pertumbuhan, dan dapat juga menurunkan IQ.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, menurut Septian, ada cara untuk meminimalisir dampak pencemaran air, yaitu dengan memilih pipa bebas timbal khusus instalasi air. ”Timbal digunakan untuk antikorosi pada pipa. Nah, Pipa Power mengganti timbal dengan lain,” ujarnya.

Ia mengaku telah melakukan pengujian pipa yang dinilai bebas timbal, seperti kandungan dalam Pipa Power. Kandungan pipa tersebut sudah diuji di laboratorium Institut Surabaya (ITS). “Data-data pengujian ITS menunjukkan Pipa Power bebas timbal,” ucapnya.

Hal itu dikarenakan Pipa Power terbuat dari UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride. UPVC adalah bahan berkualitas tinggi yang banyak kelebihan dari materi polimer lainnya. “Bukan hanya tahan korosi tapi juga kuat terhadap tekanan, ringan, lentur, dan mudah disambung,” klaim Septian.

Ia mengingatkan bahwa sambungan pipa PVC tidak diperkenankan dibakar karena dapat mengurangi kekuatan materialnya. Bahkan, bisa berbahaya pada pipa yang masih mengandung timbal. Senyawa itu bisa menyebar ke mana-mana. Langkah mengatasinya yaitu dengan fitting.

Loading...