Tersedia Berbagai Merek, Susu Bayi Tanpa Gula Dinilai Cocok Untuk Penderita Intoleransi Laktosa

kasus, penderita, intoleransi, laktosa, merek, susu, bayi, tanpa, gula, Nestle, NAN, Lactose, Free, 0-12, bulan, Bebelac, Free, SGM, LLM, Enfamil, A+, Lactofree, diare, pemberian, ASI, enzim, laktaseTersedia Berbagai Merek, Susu Bayi Tanpa Gula Dinilai Cocok Untuk Penderita Intoleransi Laktosa (clubmac.com)

Bukan sesuatu yang asing lagi jika ada yang mengatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan badan. Tetapi, sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Keadaan tersebut disebut intoleransi laktosa.

Susu mengandung yang disebut dengan laktosa. Pada beberapa orang, di dalam tubuhnya tidak memiliki enzim yang cukup untuk bisa mencerna susu tersebut. Akibatnya, timbul rasa tidak nyaman pada perut, seperti sakit perut, diare, atau kembung.

“Pada orang yang hidup dalam kultur tidak terbiasa minum susu, maka enzim yang berfungsi untuk mencerna laktosa makin tidak diproduksi. Jadi agak sedikit terganggu pencernaannya,” tutur pakar gizi Emilia Achmadi, M.S., R.D.

Sebagai solusinya, penderita intoleransi laktosa tetap bisa mengonsumsi susu dengan memerhatikan komposisinya. Disesuaikan dengan berkurangnya laktase dalam tubuh penderita, maka jumlah laktosa tersebut dikurangi dan diganti dengan lain atau glukosa polimer.

Alternatif lain bisa juga laktosa tersebut dihilangkan dan diganti dengan jenis glukosa lain. Susu khusus tersebut antara lain formula susu sapi rendah laktosa, formula susu sapi bebas laktosa (tanpa gula), atau formula susu kedelai. Selain itu, produk olahan susu seperti keju atau yoghurt bisa menjadi . Produk olahan tersebut mengandung sedikit laktosa sehingga dinilai aman untuk dikonsumsi.

Kasus intoleransi laktosa pada atau lebih sering terjadi atau dibahas. “Bisa jadi bayi memang memiliki intoleransi laktosa yang merupakan gangguan kesehatan berupa diare jika minum susu yang mengandung laktosa,” ungkap dokter spesialis pencernaan , Muzal Kadim.

Untuk mengatasi keadaan tersebut, ibu harus tetap memberikan . Pemberian justru akan menyempurnakan enzim laktase dalam pencernaan bayi. “Setiap bayi yang baru lahir pasti pernah mengalami diare akibat susu karena enzim laktase untuk mencerna laktosa belum sempurna,” ujarnya kembali.

Laktosa pada susu baik pada ASI maupun susu sapi merupakan jenis karbohidrat atau gula yang merupakan salah satu unsur gizi yang dibutuhkan tubuh dari . Zat ini merupakan bahan bakar tubuh karena zat ini dapat memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Lebih dari 50 persen kalori yang didapat tubuh biasanya disediakan oleh karbohidrat.

Di samping pemberian ASI, buah hati juga dapat diberikan susu formula khusus. Sebelum memilih susu bayi untuk si kecil, sebaiknya perlu mencermati label kandungan gula di dalam kemasan.

Orang tua sebaiknya membaca komposisi (ingredients) dan informasi nilai gizi yang tercantum. Anda perlu mencermati total karbohidrat dan total gula tambahan dalam produk susu.

Ada beberapa rekomendasi merek susu bayi tanpa atau rendah gula yang bisa dijadikan pilihan untuk penderita intoleransi laktosa, antara lain Nestle NAN Lactose-Free (0-12 bulan), Bebelac Free Laktosa (0-12 bulan), SGM LLM (0-12 bulan), Enfamil A+ Lactofree (0-12 bulan). Tetapi, ada baiknya sebelum memutuskan memberikan susu formula kepada buah hati, Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Loading...