Tersedia Beragam Warna, Ini Harga Tinta Spidol 1 Pack

Harga Tinta Spidol - www.tokopedia.comHarga Tinta Spidol - www.tokopedia.com

JAKARTA – Meski sekarang sudah memasuki era digital, namun menulis dengan cara manual menggunakan spidol masih dilakukan di beberapa sekolah. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian masih banyak ditemukan atau pedagang yang menjual tinta isi ulang spidol. Di dalam negeri, 1 pack tinta spidol ini ditawarkan dengan ratusan ribu .

Jika Anda menelusuri toko tulis dan kantor (ATK) dan situs jual beli online, Anda akan menemukan banyak yang menawarkan tinta isi ulang spidol. Untuk kemasan 1 pack (biasanya berisi 12 botol tinta), sekarang ditawarkan di kisaran harga Rp145 ribu sampai Rp173 ribuan. Namun, ada juga yang menjualnya dengan harga Rp210 ribuan.

Di samping itu, ada juga penjual yang menawarkan tinta isi ulang spidol per pack berisi 5 botol, dengan harga hanya Rp20.000 (masing-masing botol berisi 100 ml). Sementara, apabila Anda ingin membeli secara satuan, tinta spidol BG 12 ART sekarang dijual dengan harga mulai Rp20 ribu sampai Rp30 ribuan, dan tersedia dalam biru, hitam, serta merah.

Spidol yang umum digunakan di media-media seperti whiteboard atau papan keramik sendiri adalah yang model dry erase marker, atau yang dapat dihapus pada saat kondisi kering, atau yang bersifat sementara. Untuk menghapus tulisan dari spidol tersebut, kita hanya perlu menggunakan penghapus papan tulis atau kain atau tisu.

Sayangnya, banyak spidol yang beredar di pasaran memiliki tinta yang berbau. Pasalnya, tinta-tinta tersebut umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti xylene dan sejenisnya. Hal tersebut memang berpotensi menyebabkan berbagai masalah, termasuk gangguan pernapasan bagi mereka yang alergi dengan bau-bau seperti itu.

“Untuk mengatasi bahaya tersebut, sebaiknya jangan gunakan spidol dengan jarak dekat atau dalam jangka waktu yang lama. Juga, jangan dengan sengaja menghirup spidol dan batasi penggunaannya,” tulis Detik Health. “Ventilasi ruangan yang baik, segera mencuci tangan, dan sering-sering bernapas dalam udara yang segar dapat mengurangi dampak dan bahaya dari juga partikel spidol.”

Loading...