Tersedia Beberapa Paket, Biaya Kursus Mengemudi Private Mulai dari Rp 425 Ribuan

biaya, kursus, mengemudi, private, di, pengemudi, belajar, dasar, paket, matic, murah, mahal, executive, parkir, ke, belakang, depan, mobil, menit, tempat, rambu, lalu, lintasIlustrasi: salah satu pelatihan dalam kursus mengemudi (sumber: otomotifmargz.com)

Bagi Anda yang ingin bisa mengendarai , salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengikuti mengemudi. Salah satu tempat kursusnya yaitu di Private. Untuk di tempat tersebut, Anda diwajibkan membayar sejumlah .

Di Private, disediakan beberapa yang bisa dipilih. Untuk besarnya biaya, dibanderol mulai dari Rp 425 ribuan. yang ada antara lain Pemula Manual Executive 12x 45 menit, Pemula Matic Executive 10×45 menit, Pemula Manual Executive 10×45 menit, Pemula Matic Executive 8×45 menit, dan lainnya.

Biaya kursus mengemudi yang paling murah yaitu Rp 425.000 (Paket Pelancaran Matic Executive 4×45 menit) dan yang paling mahal adalah Paket Pemula Manual Executive 12×45 menit sebesar Rp 780.000. Untuk mendaftar, Anda bisa menghubungi atau langsung mendatangi pihak Private terdekat.

Sebelum belajar mengemudi, sebaiknya Anda memahami fitur-fitur dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu, dan cara mengaktifkan wiper.

Menurut Owner Kursus Mengemudi Kembaren, Bernard, untuk menjadi seorang yang baik, sejak awal ada beberapa hal yang harus dipenuhi. “Pertama kita lihat tingginya dulu, sudah memenuhi 160 cm. Tidak buta warna dan pendidikan minimal SD,” katanya.

Setelah itu terpenuhi, maka pengemudi akan diajarkan rambu-rambu dan etika berkendara yaitu komunikasi dalam berkendara seperti penggunaan lampu sein untuk komunikasi antar sesama pengendara saat melakukan perjalanan.

Bernard menegaskan komunikasi dalam berkendara ini sangat penting dipahami setiap pengemudi untuk kelancaran perjalanan. “Seperti penggunaan sein kanan saat akan mendahului atau menyalip kendaraan lain atau klakson saat berbelok,” sebutnya.

Jika hal-hal tersebut telah dipelajari, barulah calon pengemudi melakukan praktik berkendara. Bagi pemula, praktek dimulai dari mengenal instrumen atau komponen di area kabin depan serta di dashboard, dan pada saat itu mesin mobil dalam keadaan mati.

Instrumen yang mesti dikenali seperti, pedal rem, pedal gas, pedal kopling, persneling, rem tangan, stang untuk wiper kaca depan belakang, pengendali kaca spion, stik untuk lampu dim, lampu dekat, lampu sein, tombol klakson, sabuk pengaman serta beberapa panel control yang lain di dashboard.

Untuk mobil gear manual, perlu dihafalkan skema perpindahan persneling hingga hafal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai satu, mundur serta setelah itu sampai paling akhir. Perlu juga mencapai pedal gas, bertukaran dengan pedal rem serta pedal kopling. Setelah itu, barulah pemula diajarkan cara menghidupkan dan menjalankan mobil.

“Selanjutnya pengemudi akan diajari belok kiri, belok kanan, mundur lurus, mundur kiri, mundur kanan termasuk belajar parkir kepala belakang dan kepala di depan serta menjalankan mobil saat di tanjakan,” kata Bernard.

Loading...