Termasuk Zat Beracun, HCL Pekat Bisa Dijual dengan Harga Jutaan Rupiah

Asam Klorida (HCL) - www.tokopedia.comAsam Klorida (HCL) - www.tokopedia.com

keras diketahui sejak lama kerap dipergunakan oleh orang-orang tak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kejahatan, termasuk yang beberapa waktu lalu dialami oleh penyidik KPK Novel Baswedan. keras sendiri jenisnya ada beberapa, antara lain asam sulfat (H2SO4), asam klorida (HCL), dan asam fosfat (H3PO4). Meski cukup berbahaya, peredaran keras seperti HCL ternyata diperjual-belikan dengan bebas dengan yang cukup murah di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Di salah satu toko yang ada di Jatinegara, Jakarta Timur, asam klorida biasanya per liter atau eceran. “Harga seliternya Rp 20 ribu,” kata sang , seperti dilansir Kompas. tersebut mengatakan bahwa asam klorida alias Hydrochloric acid berguna untuk membersihkan keramik yang kotor atau karat karena memiliki sifat korosif.

Yang lebih menarik lagi, pria paruh baya itu bahkan mengatakan jika asam klorida yang dijualnya tidak keras, sebab tak perlu menggunakan sarung tangan saat hendak menggunakannya. “Enggak keras,” ujarnya singkat.

Asam klorida yang dijual bebas itu biasanya dikemas dalam botol berwarna putih polos dan hanya diberi tulisan ‘HCL’ menggunakan spidol berwarna hitam. Sama sekali tak ada petunjuk penggunaan atau keselamatan, kadar asam klorida, atau info penting lainnya. Berbeda dari harga HCL pekat buatan luar negeri seperti Merck yang biasanya dijual mulai Rp 1.056.000 per 1 liter atau mencapai Rp 1.999.000 untuk HCL kadar 37% ukuran 2,5 L.

HCL atau asam klorida sendiri pada dasarnya tak bisa digunakan sembarangan karena termasuk cairan yang sangat korosif terhadap jaringan tubuh dan berpotensi merusak organ pernapasan, mata, kulit, dan usus. Ketika hendak menggunakan asam klorida, seseorang wajib menggunakan alat-alat pelindung seperti sarung tangan berbahan PVC atau karet, pelindung mata, dan pakaian pelindung supaya menghindari kontak langsung dengan asam klorida.

Walaupun berbahaya, kimia seperti asam klorida atau HCL dipakai secara luas dalam dan kegunaan kecil seperti pembersih rumah. Bahaya larutan asam klorida pun tergantung dari konsentrasi larutannya. Bahkan Badan Perlindungan Amerika Serikat mengategorikan asam klorida sebagai zat beracun.

Loading...