Termasuk Sunah Nabi, Berapa Harga Celak Itsmid di Pasaran?

Produk celak itsmid (instagram: @amatulhaq_sunnahstore)Produk celak itsmid (instagram: @amatulhaq_sunnahstore)

Celak adalah untuk membingkai supaya terlihat lebih tajam. Saat ini celak mungkin lebih banyak dipakai oleh . Namun konon katanya di zaman Rasulullah SAW dulu, celak bukan hanya dipakai kaum Hawa saja, tetapi juga digunakan oleh kaum Adam.

celak pun kabarnya ada beragam, mulai dari yang sampai yang modern. Tetapi celak mata asli yang digunakan oleh Rasulullah SAW kabarnya menggunakan bahan itsmid yang berasal dari Persia. Dilansir Liputan6, itsmid merupakan sejenis batu hitam dan disebut-sebut sebagai salah satu celak terbaik. Bahkan celak satu ini juga termasuk yang dianjurkan untuk dipakai.

“Celak yang terbaik untuk kamu adalah itsmid. Sesungguhnya ia bisa menjernihkan penglihatan dan menumbuhkan bulu mata,” demikian bunyi sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Selain untuk memperindah mata, celak juga dianjurkan digunakan sebelum tidur, yakni dengan mengoleskannya sebanyak 3 kali di mata kanan dan 2 kali di mata kiri.

“Bahwasanya Nabi Muhammad SWA memiliki celak. Dia bercelak setiap malam 3 kali pada mata kanan dan dua kali pada mata sebelahnya,” demikian bunyi hadis riwayat At Tirmidzi. Rasul kabarnya selalu menganjurkan untuk mengoleskan celak dalam bilangan ganjil.

Nah, meskipun teknologi di dunia sudah sedemikian maju, rupanya sampai saat ini masih banyak pedagang yang menjual celak itsmid layaknya sunah Nabi Muhammad. Bahkan celak itsmid bukan hanya di toko-toko Arab saja, tetapi juga banyak ditawarkan di situs -beli online.

Harga celak itsmid pun cukup beragam. Adapun untuk celak atau kohl itsmid lengkap dengan bubuk celak dan wadah kuningan dijual dengan kisaran harga mulai Rp 17 ribu hingga Rp 40 ribuan di . Jika celaknya sudah habis, tersedia pula bubuk celak itsmid isi ulangnya dengan harga sekitar Rp 15 ribuan.

Pemakaian celak itsmid memang agak berbeda dari celak pada umumnya. Karena berupa bubuk atau serbuk, maka pemakaian yang disarankan biasanya stik celak harus dicelupkan terlebih dahulu ke air zam-zam atau air biasa, lalu dicelupkan ke botol bubuk celak supaya celaknya nanti bisa menempel dengan sempurna di garis kelopak mata.

Loading...