Termasuk Pajak, Berapa Biaya BPHTB Rumah KPR?

Ilustrasi : Rumah baru yang siap ditempatiIlustrasi : Rumah baru yang siap ditempati

JAKARTA – Banyak yang belum mengetahui bahwa selain down payment (), ada banyak biaya lain ketika melakukan pembelian dengan . Dan, salah satu yang sering luput dari pembeli adalah BPHTB atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan. Besaran BPHTB sendiri adalah lima persen dari nilai setelah dikurangi NJOPTKP (Nilai Jual Objek Tidak Kena ).

“KPR bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah impian, namun dana masih terbatas untuk beli secara . Syarat mengajukan KPR terbilang sulit dan juga murah,” tulis Viva. “Namun, selain uang muka yang harus dibayarkan, Anda akan dihadapkan pada sejumlah biaya lain saat hendak mengajukan KPR, termasuk biaya BPHTB yang termasuk pajak.”

Dilansir Rumah.com, BPHTPB dikenakan untuk semua transaksi properti, yang dibeli dari perorangan maupun developer, dengan besaran lima persen dari nilai transaksi setelah dikurangi dengan NJOPTKP (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak). Untuk diketahui, besaran NJOPTKP sendiri berbeda-beda di setiap daerah.

Misalnya, apabila seseorang membeli rumah di kawasan Jakarta dengan luas tanah 200 m2 dan luas bangunan 100 m2, dan tanah per m2 adalah Rp700.000 dan nilai bangunan per m2 adalah Rp600.000, maka harus dihitung terlebih dahulu jumlah pembelian rumah dan nilai tidak kena pajak. Dengan nilai penghitungan BPHTP sebesar Rp140.000.000, maka BPHTB yang harus dibayar sebesar Rp7.000.000.

Dengan biaya yang memang tidak murah bagi sebagian orang, banyak yang kemudian menawarkan KPR gratis biaya BPHTB dan biaya administrasi lain. BTN misalnya, pada Februari 2019 kemarin menawarkan KPR Gaeesss yang diklaim cocok bagi kalangan milenial usia 21 tahun hingga 35 tahun yang berencana membeli rumah.

“Harga rumah sudah termasuk biaya -surat, bea balik nama, dan gratis bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), kecuali biaya proses KPR,” jelas General Manager PT Gunakaryana Abadi Sejahtera, Arie. “Tak hanya itu, dengan uang muka terjangkau, konsumen bisa langsung mendapatkan unit rumah 38/84 atau 45/84.”

Loading...